PELAYANAN KESEHATAN HAJI TAHUN 2009 DI KAB. TASIKMALAYA


MASJIDIL HARAM

TIM PELAYANAN KESEHATAN CALON JEMAAH HAJI

STANDAR DAN PROSEDUR PEMERIKSAAN  CALON JEMAAH  HAJI (CJH)

Penyelenggaraan ibadah haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan sebaik-baiknya melalui system dan manajemen penyelenggaraan yang terpadu agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai tuntunan agama serta jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga diperoleh haji mabrur.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya berupaya mempersiapkan calon jemaah  haji agar memiliki status kesehatan yang optimal dan mempertahankannya untuk menuju terwujudnya jemaah haji sehat dan mandiri.

Kesehatan adalah modal dalam perjalanan ibadah haji, tanpa kondisi kesehatan yang memadai, niscaya pencapaian ritual peribadatan tidak maksimal. Oleh karena itu setiap jemaah calon haji harus memiliki kemampuan fisik yang memadai. Kebijakan penyelenggaraan dan manajemen resiko adalah upaya untuk dapat mengelola segenap permasalahan kesehatan dari masing-masing  calon jemaah haji melalui tahapan-tahapan upaya pemeriksaan dan pembinaan kesehatan yang diselenggarakan sedini mungkin.

Guna mendapatkan kualitas hasil pemeriksaan kesehatan CJH yang valid, diperlukan standard dan proses pemeriksaan. Terpenuhinya standard dan pemeriksaan yang tepat merupakan indikasi awal terselenggaranya proses penyelenggaraan pemeriksaan dengan hasil sebagaimana yang diharapkan.

TAHAPAN PEMERIKSAAN CJH

Calon Jemaah  haji akan mendapatkan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan sebagai alat untuk mengetahui status kesehatan haji dan pembinaan. Pemeriksaan tersebut dilakukan 2 tahap,  yaitu :

  1. TAHAP I

PERSIAPAN

–          Rapat evaluasi, persiapan, dan pembinaan Tim Pemeriksaan Tahap I/Puskesmas. Pemantapan prosedur umum dan prosedur pemeriksaan tahap I di puskesmas.

( Tgl 3 & 4 Juni 2009)

RAPAT KOORDINASI PELAYANAN KESE. HAJI

–          Pertemuan dengan Penyedia jasa laboratorium dalam rangka evaluasi, koordinasi, dan kerjasama dalam peningkatan pelayanan kesehatan CJH di Kab. Tasikmalaya

–          Pertemuan dengan KBIH dalam rangka peningkatan pelayanan  kesehatan   calon haji khususnya koordinasi dan standarisasi pelaksanaan pemeriksaan Laboratorium. (Tgl 25 Mei 2009 & Tgl 10 Juni 2009). RTL selanjutnya dengan dinas terkait.

PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KESEHATAN CJH ( mulai tgl 8 Juni – 30 Juni 2009 )

–          Pencatatan dan pelaporan (BKJH)

–          Standar pemeriksaan, standar pemeriksa, dan standar fasilitas

–          Pemeriksaan penunjang : Lab, EKG, Rontgen dll

–          Pengadaan buku kesehatan haji, berikut pengisian BKJH yang akurat

–          Penetapan diagnose dan penilaian kategori status kesehatan haji sebagai upaya memberikan deteksi dini, dengan 4 kategori (berdasarkan buku

ICD-10) :

  1. Mandiri              2. Observasi            3. Pengawasan            4. Tunda

–          Pembinaan secara berkelanjutan terhadap hasil penilaian kategori kesehatan CJH di tingkat puskesmas di bawah pengawasan dan pembinaan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.

  1. TAHAP  II

PERSIAPAN AWAL

Pembentukan Panitia/Tim Pelayanan Kesehatan CJH Tahap II, awal bulan Juli 2009.

–          BKJH yang telah diisi dengan lengkap dan akurat pada tahap I diserahkan ke Dinas kesehatan kabupaten dalam hal ini panitia penyelenggaraan kesehatan calon jemaah haji tingkat kabupaten

–          Pendaftaran ulang untuk pemeriksaan kesehatan tahap  ke-2 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya.

–          Pencatatan dan pelaporan (BKJH). Pengenalan aplikasi system komputerisasi haji terpadu bidang kesehatan (SISKOHATKES)

PEMERIKSAAN TAHAP II CJH ( awal Agustus 2009 )

–          Pemeriksaan kesehatan dengan pelayanan kesehatan yang setara dengan RS tipe C ( dikoordinasikan sepenuhnya oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya )

–          Pelaksanaan imunisasi : meningitis dan flu (dianjurkan)

–          Penentuan status kesehatan (Mand/obs/Peng/Tunda).

–          Rujukan untuk penanganan /pengobatan lanjutan bagi CJH (spesialistik) dan untuk menentukan kelaikan mengikuti perjalanan haji.

–          Pembinaan dan pemantauan kesehatan yang berkelanjutan (Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya).

Pemantauan dan pengawasan jemaah haji yang telah pulang dari pelaksanaan ibadah haji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s