WASPADA MENINGITIS


The Brain of meningitis

Menurut lembaga Islam itu, jemaah haji masih beresiko infeksi meningokokus (Meningitis). Menurutnya, penyakit tersebut termasuk penyakit yang mudah menular melalui keramaian dan pada transportasi umum.

Meningitis adalah penyakit yang ditularkan langsung melalui kontak orang ke orang melalui tetesan ke tenggorokan pada individu yang terinfeksi. Menutup kontak dalam waktu lama dan meninggalkan ruang memfasilitasi penyebaran infeksi.

Karena itu para ahli kesehatan dari Association of British Hujjaj sangat mendesak semua calon Haji dan Umrah untuk melakukans vaksinasi terhadap meningokokus meningitis sebelum melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

Aparat kesehatan mengingatkan bahwa dosis vaksinasi quadrivalent meningitis (ACWY) yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan adalah: 3 bulan untuk anak-anak 2 tahun: Pertama dosis 0.5ml. Kedua dosis 0,5 ml 3 Bulan setelah dosis pertama. Anak-anak selama 2 tahun dan orang dewasa: Satu dosis 0.5ml untuk memberikan perlindungan sampai 3 tahun. Namun, dalam persyaratan yang ditetapkan Arab Saudi adalah dari 0.5ml-2 tahun setelah dosis pertama.

“Setiap tahun, lebih dari 125.000 jemaah haji dan umrah ke Arab Saudi. Seperti yang telah terjadi di masa lalu, ketika sekitar dua puluh jemaah Inggris kehilangan nyawa karena wabah meningitis ini,” kata ahli kesehatan dari Association of British Hujjaj yang diberitakan Medical News Today edisi 2 Juni lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s