SEMUA TENTANG INFLUENZA DAN VAKSINNYA


pasien flu

Dampak dari Infeksi Influenza

Dampak dari infeksi influenza adalah timbulnya gejala-gejala umum yang sering terjadi serta adanya komplikasi. Gejala atau tanda yang sering timbul jika terinfeksi oleh virus influenza adalah demam, letih, lesu, kehilangan selera makan, sakit kepala, sakit di belakang tangan dan kaki. Dapat juga ditemukan sakit tenggorok dan batuk kering, mual dan mata seperti terbakar. Demam bisa mencapai 39 derajat Celcius, tetapi akan menurun setelah 2 hingga 3 hari. Gejala saluran nafasnya sendiri bisa berupa pilek dan batuk.

Selain itu, komplikasi yang terjadi dapat disebabkan oleh infeksi tambahan termasuk bakteri pneumonia dan kondisi lain yang memperparah keadaan, seperti mengidap kencing manis, asma, dan kelainan jantung. Komplikasi influenza yang sering dijumpai pada anak-anak adalah infeksi sinus dan telinga. Penderita berusia di atas 65 tahun atau anak-anak berusia kurang dari 5 tahun, serta penderita yang memiliki penyakit kronis, jika terkena influenza akan mudah mengalami komplikasi.
Untuk anak-anak berusia di atas 5 tahun dan orang dewasa, influenza adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri dalam satu minggu. Namun untuk orang yang tidak sehat atau daya tahan tubuhnya menurun, influenza bisa berakibat fatal. Gejala-gejala yang telah disebutkan di atas bisa menjadi sangat parah, dan mungkin terjadi komplikasi seperti pneumonia (radang paru), sinusitis (infeksi sinus), dan radang telinga. Pada umumnya komplikasi yang terjadi adalah akibat infeksi kuman karena daya tahan tubuh untuk melawan kuman-kuman yang masuk menurun.
Komplikasi juga lebih mudah terjadi pada kelompok orang yang beresiko tinggi, yaitu mereka yang menderita :
· penyakit paru menahun, seperti asma, bronkitis kronik, bronkiektasis, tbc.
· penyakit jantung
· penyakit ginjal kronik
· penyakit kencing manis atau gangguan metabolik menahun lainnya
· anemia berat
· sedang menjalani terapi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh
· berusia lebih dari 50 tahun
Demikianlah kira-kira dampak yang akan terjadi jika kita terinfeksi virus influenza, tetapi kita bisa sembuh dari influenza, hal ini tergantung pada kekebalan tubuh kita serta kesadaran untuk selalu menjaga kesehatan.
Selain itu, berdasarkan informasi dari sebuah artikel : Derita Flu Mungkin Berasal Dari Gen (www.healthatoz.com), influenza berhubungan dengan DNA penderita itu sendiri. Berdasarkan penelitian pada tikus, DNA tertentu dapat memacu gejala influenza lebih berat, karena adanya gen tertentu yang memicu memacu respon kekebalan yang kuat pada paru-paru sehingga influenza lebih berat. Tikus lain yang tidak menunjukkan respon kekebalan yang kuat lebih mudah untuk sembuh. Penemuan ini tidak hanya dapat membantu manusia selamat dari musim influenza setiap tahunnya tetapi juga pandemik flu burung.
Implikasi jangka panjangnya adalah ide pembuatan obat untuk mencegah influenza berdasarkan genetik. “Untuk mengetahui bahwa beberapa orang dipengaruhi oleh penyakit apa pun, kami dapat memberikan nasehat yang baik atau mengawasi orang-orang untuk membatasi risiko kesehatan mereka.”

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Untuk Menghindari Influenza

berzin coy

Menjaga kondisi tubuh merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari influenza, karena kondisi tubuh kita merupakan faktor utama untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Beberapa tips untuk tetap menjaga kondisi tubuh :

  1. Cuci tangan yang bersih sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet dan setelah bersin. Gunakan sabun (antiseptik) untuk mencuci tangan selama 15 detik.
  2. Bersihkan perabotan yang pernah disentuh oleh penderita influenza dengan menggunakan desinfektan karena virus influenza dapat hidup selama 3 jam, jangan hanya dengan kemoceng atau sapu.
  3. Jauhi perokok, karena dengan berada di lingkungan perokok, kita akan lebih rentan terkena penyakit saluran nafas dan mudah terserang virus influenza. Selain itu, bagi yang sudah terjangkit influenza, maka influenzanya akan akan lebih lama sembuh dibandingkan dengan jika penderita berada di lingkungan yang sehat.
  4. Tutup mulut jika bersin atau batuk, hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran bakteri dan virus.
  5. Jauhkan dari penderita influenza.
  6. Lakukan olah raga yang rutin dan makan makanan bergizi, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.
  7. Lakukan vaksinasi terutama pada musim influenza (musim hujan, akan berangkat haji dll

Vaksin Influenza: Usaha Untuk Mencegah Penyakit Flu

Ketika sistem kekebalan tubuh bersiap untuk musim flu selanjutnya, pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin influenza untuk membantu mengurangi resiko terkena flu dan menyebarkannya kepada orang lain. Influenza (flu) jangan dipandang sebelah mata karena flu merupakan infeksi virus yang menyebabkan jutaan orang sakit setiap tahun dan memiliki potensi untuk menyebabkan komplikasi yang serius terutama pada anak-anak dan lanjut usia. Pelayanan kesehatan di Amerika Serikat menganjurkan pemberian vaksinasi influenza untuk setiap individu berumur lebih dari 6 bulan dan pada kelompok individu yang memiliki resiko komplikasi influenza yang tinggi, misalkan individu dengan kelainan jantung kronik, kelainan paru-paru, dan pasien yang sedang dalam perawatan di rumah sakit.[2]
Cara pencegahan influenza yang utama dalam kesehatan masyarakat adalah dengan menggunakan vaksin influenza yang mengandung virus yang dilemahkan. Vaksin ini dibuat dari virus influenza tipe A dan B yang beredar selama musim atau tahun sebelumnya. Jika vaksin dan virus yang sedang menyerang memiliki hubungan yang erat (cocok), vaksin yang diberikan dapat memberikan perlindungan sebesar 50-80 persen terhadap infeksi influenza.[1] Selain itu, vaksin yang telah diproduksi saat ini sudah memiliki tingkat kemurnian yang tinggi sehingga hanya sedikit menyebabkan reaksi alergi ataupun reaksi panas pada penggunanya. Vaksin yang telah beredar di pasaran saat ini merupakan vaksin dari virus yang telah dilemahkan, oleh karena itu aman diberikan pada manusia dengan sistem kekebalan yang menurun. Vaksinasi harus diberikan pada awal musim, sebelum wabah influenza berikutnya muncul.

Sumber dan Untuk informasi selanjutnya klik: http://www.cegahflu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s