10 MUHARRAM : ASYURA ADALAH TRAGEDI KARBALA


‘ Seakan-akan bagiku setiap tempat adalah karbala dan setiap masa bagiku adalah hari Assyura.’

Imam Husein a.s. menegakkan kebenaran dan mencegah kemungkaran atas dasar ketentuan-ketentuan yang ketat, menampakkan system-sistemnya yang begitu hebat dan meletakkannya pada kedudukannya yang begitu tinggi sehingga Allah SWT menjaga hari Al Husein  dalam kelanggengan agar selalu menjadi bukti bagi seluruh manusia dan suri tauladan bagi umat Islam bahwa Ia telah memberi contoh pengorbanan sedemikian tingginya untuk agama yang senantiasa hidup di setiap ruang dan waktu.

Pada tanggal 10 Huharram Bani Umayyah melakukan perbuatan keji, menumpahkan darah paling suci dan membunuh pribadi  paling mulia dan utama. Menyembelih anak-anak yang masih kecil, membunuh wanita-wanita dan mencincang orang-orang yang telah mati syahid. Mereka juga membakar kemah-kemah keluarga rasulullah SAAW, sambil tertawa menyaksikan tubuh-tubuh Ahl Al-Bait yang tak berdaya di bawah injakan kuda-kuda.

“ Sesungguhnya hari Assyura oleh bani umayyah dan keluarga Marwan dijadikan sebagai hari raya, hari yang penuh kegembiraan lantaran didalamnya mereka telah membunuh Imam Husein dan keluarganya. Maka barang siapa menjadikan hari itu sebagai hari kegembiraan dan kesenangan, Allah SWT akan menjadikan baginya hari kiamat sebagai hari penuh kesusahan dan ketakutan serta penderitaan. Dan barang siapa menjadikan hari itu sebagai hari kesusahan, belasungkawa dan hari musibah, maka Allah SWT   akan menjadikan hari kiamat baginya sebagai hari yang penuh dengan kegembiraan dan kesenangan, dan akan disejukkan matanya oleh Allah SWT di surga bersama kami.” (Imam Al-Ridha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s