EKSPLOITASI


Bulan ini cukup unik. Kalau di tingkat Internasional bulan ini disebutnya “Women’s History Month”, yang kalau kita kaji lebih dalam,  cakupannya berkisar tentang eksploitasi kaum hawa dari berbagai aspek

Ada organisasinya, yaitu: I-VAWA, The International Violence Againts Women Act.  Menurut data dari kegiatan tersebut bahwa 1 dari 3 wanita di bumi ini pernah mengalami kekerasan, pemaksaan sexual, atau kejahatan lain sepanjang perjalan hidupnya.

Tapi tunggu dulu,  sebelum Anda berbalik. Ternyata masih banyak hal-hal yang diperdebatkan oleh berbagai kalangan mengenai HALAL ATAU HARAMNYA MEROKOK,  PENGARUH KHITAN TERHADAP PENCEGAHAN HIV/AIDS,  dan masih banyak lagi hal lainnya.

Apakah Anda pernah berpikir bahwa terkadang kita sangat mengeksploitasi diri kita sendiri. Coba renungkan dan perhatikan gerak langkah kita sepanjang waktu atau bahkan sepanjang ingatan kita.  Kalau boleh saya berbaur dengan ikhtiar itu, apa yang kita lakukan sebagaiannya merupakan ekspresi keganasan kita dalam mengeksploitasi hidup ini. Merasa hebat sendiri tanpa campur tangan lainnya, bukankah salah satu sikap yang memaksakan diri kita untuk bertindak sendiri. Sementara harmoni dan keindahan lebih terpancar dari sebuah kerjasama yang saling mengisi dan memperkuat.

Pada titik ini , terasa lebih sederhana kalau kita bersepakat bahawa: ” Yang penting JANGAN MENGEKSPLOITASI SESAMA MANUSIA, dengan menjadikan kepentingan yang masih diperdebatkan sebagai tamengnya “. ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s