MAKANAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN JANTUNG


Makanan yang baik untuk kesehatan jantung

1. Oatmeal
Awali hari dengan 1 mangkuk oat, yang kaya akan asam lemak omega 3, folat & kalium sehingga dapat menurunkan kadar LDL & membuat pembuluh darah tidak tersumbat. Untuk penyajiannya oat dapat dimakan dengan ditaburkan diatas salad, atau dalam mangkuk beserta potongan buah seperti pisang, stroberi, apel, pir dll.

2. Ikan salmon
Ikan salmon sangat kaya kandungan asam lemak omega 3 nya, salmon juga dapat menurunkan tekanan darah & membuat permbuluh darah tidak tersumbat. Dengan mengkonsumsi 2 porsi ikan salmon setiap minggu dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung sampai 1/3 nya.

Ikan salmon mengandung karetenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang kuat, menurut ahli penyakit jantung dr. Stephen T. Sinatra yang merupakan penulis buku Lower Your Blood Pressure In Eight Weeks. Disarankan untuk lebih memilih ikan salmon yang segar dibandingkan ikan kalengan karena dapat mengandung bahan pengawet ataupun bahan logam.
Selain ikan salmon, ikan jenis lain yang dapat member manfaat yang sama adalah ikan mackerel, tuna, baring & sarden.

3. Alpukat
Tambahkan sedikit alpukat pada roti lapis ataupun salad untuk mendapatkan lemak yang sehat bagi kesehatan jantung. Karena merupakan lemak tak jenuh, alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL & sekaligus meningkatkan kadar HDL dalam darah.
Alpukat mengagumkan karena membantu penyerapan karetenoid lain terutama beta karoten & likopen yang penting bagi kesehatan jantung.

4. Minyak zaitun
Dengan kandungan lemat tak jenuh, minyak zaitun dapat menurunkan kadar LDL & juga mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hasil penelitian di 7 negara menunjukkan laki-laki yang mempunyai kecenderungan kadar kolesterol yang tinggi jarang yang meninggal akibat penyakit jantung karena banyak mengkonsumsi lemak yang sehat seperti minyak zaitun. Belilah minyak zaitun yang extra virgin atau virgin, karena tidak mengalami banyak proses & dapat digunakan sebagai pengganti minyak untuk memasak.

5. Kacang
Kacang walnuts kaya dengan asam lemak omega 3 serta kacang almonds & macadamia yang kaya dengan lemak tak jenuh merupakan sumber lemak yang sehat bagi tubuh, ditambah lagi kacang dapat menambah kandungan serat dalam makanan.

6. Buah Berry
Blueberries, blackberries, raspberries, strawberries ataupun jenis buah berry lain merupakan sumber anti radang yang banyak, sehingga mengurangi resiko untuk terkena penyakit jantung & kanker.

7. Legumes
Buncis, kacang panjang, kacang polong & kacang merah mengandung asam lemak omega 3, kalsium & serat yang larut sehingga baik bagi kesehatan jantung

8. Bayam
Bayam dapat menjaga kesehatan karena kandungan lutein, folat, kalium & seratnya. Dan mengkonsumsi sayuran jenis apapun secara rutin setiap hari terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung

9. Biji-bijian
Biji-bijian seperti wijen dll kaya akan asam lemak omega 3 & 6, biji-bijian tersebut dapat dikonsumsi bersama salad ataupun oatmeal kesukaan keluarga.

10. Kedelai
Kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol & karena termasuk dalam lemak jenuh yang rendah maka dapat menjadi sumber protein yang menyehatkan dalam makanan. Kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk tempe, tahu ataupun susu kedelai.

Sumber: medicastore.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s