PARUNGPONTENG BER-RAMADHAN


Hari Selasa, 7 Ramadhan 1431 H/17 Agustus 2010

Seperti di lingkungan Masjid atau DKM Mesjid umumnya, di Kampung Mekarsari (Sawah Gede) setelah menunaikan rangkaian ibadah Subuh para orang tua dan dewasa kembali ke rumah masing-masing menunaikan kewajibannya. Ada yang bersiap untuk berangkat ke sawah atau lading, ada yang melanjutkan tadarus Al-Qur’an, dan sebagian tentunya karena sedikit ngantuk dan lemas melanjutkan tidur atau istirahatnya. Anak-anak sendiri punya kegiatan ba’da Sholat Subuh yaitu sebagian besar mengikuti pengajian atau kajian yang dibantu dan dipandu oleh para ustad/ustadza yang dengan kerelaan hati memberikan waktu dan pikirannya.

Pengajian untuk anak-anak ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Terkadang anak-anak duduk atau berbaring tengkurab (nangkuban) dengan santainya mengikuti sambil mencatat penyampaian para ustad, bahkan ada yang sampai ketiduran sejenak.  Biasanya kegiatan tersebut ditutup dengan Tanya jawab dan yang penting tentunya meminta tanda tangan para ustad dan ustadza sebagai bukti telah mengikuti kegiatan tersebut.

Begitu anak-anak  bubar, biasanya anak laki menyerbu untuk memukul beduk yang disediakan di depan Masjid. Kegembiraan luar biasa bagi mereka jika berkesempatan memukul beduk tersebut dengan irama yang mereka ciptakan sendiri.

Masih dalam rangkaian kegiatan Ramadhan, Insepar Foundation hari ini sedikit memberikan perhatian kepada para Tukang Parkir yang melakukan tugas mulia mereka di seputaran kota Tasikmalaya. Dengan dibantu oleh para simpatisan kegiatan Insepar Foundation, membagikan hidangan buka puasa (Tajil) kepada mereka. Alhamdulillah, sambutan hangat, haru dan kebahagiaan terpancar dari tanggapan mereka saat menerima bingkisan tersebut. Kami teri ngat dengan do’a kehidupan yang disunnahkan untuk dibaca disetiap selesai melaksanakan sholat fardhu di Bulan Suci Ramadhan bahkan sebaiknya juga di baca di luar ramadhan, yaitu:

“ Ya Allah. Anugerahkanlahkebahagiaan kepada para penghuni kubur. Ya Allah, berikanlah kekayaan kepada semua orang fakir. Ya Allah, kenyangkanlah semua yang lapar. Ya Allah, berikanlah pakaian kepada semua yang telanjang. Ya Allah, tunaikanlah hutang  semua orang yang berhutang. Ya Allah, lapangkanlah yang kesusahan. Ya Allah, dekatkanlah setiap yang jauh. Ya Allah, bebaskanlah semua yang tertawan. Ya Allah, perbaikilah semua kerusakan dalam urusan kaum muslimin. Ya Allah, sembuhkanlah setiap yang sakit. Ya Allah, tutupilah kemiskinan kami dengan kekayaan-Mu. Ya Allah, ubahlah keburukan keadaan kami dengan keaikan keadaan-Mu. Ya Allah, tunaikanlah utang-utang kami dan bebaskanlah kami dari kemiskinan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” Amin

Sepanjang perjalanan dari Parungponteng atau Kantor Insepar Foundation menuju kota Tasikmalaya, saya meyempatkan diri untuk memotret keadaan jalan yang rusak ringan  hingga berat terutama di daerah Cadasngampar  Kecamatan Parungponteng dan di Ada warna  Kecamatan Cibalong yang kalau tidak segeri diperbaiki akan sangat mengganggu jalur transportasi masyarakat daerah Kabupaten Tasikmalaya selatan ini. Kami berharap pemerintah segera turun tangan untuk memperbaiki sarana jalan yang sangat vital ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s