ZAKAT FITRA


Seperti umat Islam seluruhnya, umat Islam yang bermukim di Parungponteng juga taat untuk menjalankan salah satu perintah Allah SWT di Bulan Suci Ramadhan ini yaitu mengeluarkan Zakat Fitra. Zakat Fitra sendiri merupakan perkara yang sangat penting karena sangat menyangkut dengan Ketaqwaan, keimanan, ketaatan setiap pribadi muslim terhadap perintah Allah SWT. Di berbagai tempat sebagai rangkaian kegiatan ibadah, Zakat Fitra sendiri dijadikan penutup dari rangkaian ibadah di Bulan Suci Ramadhan atau sebagai penyempurnanya.

Zakat Fitra wajib dikeluarkan untuk setiap anak manusia bahkan jika anak manusia tersebut baru lahir sedetik sebelum pembacaan Khotbah Idul Fitri oleh Khatib.

Pelaksanaan pemenuhan Zakat Fitra di Parungponteng khususnya di DKM Al Hikmah Mekarsari berlangsung pada tanggal 4 September 2010 atau bertepatan tanggal 25 Ramadhan 1431 H. Di mulai ba’da Sholat Dhuhur yang dipimpin langsung oleh Ketua DKM Al Hikmah Bp. Asep Kusnendar, S.Ag. Tempat pelaksanaan di Madrasah DKM Al Mikmah, yang erlokasi di lingkungan Masjid DKM Al Hikmah. Kegiatan penerimaan Zakat Fitra tersebut juga di bantu oleh pengurus DKM dan sejumlah warga masyarakat Kp. Mekarsari Sawahgede Parungponteng.

ZAKAT FITRA

Masyarakat sendiri dalam memenuhi pembayaran zakatnya bisa dengan makanan pokok sehari-hari (Beras) dengan besaran 2,5 Kg atau dengan mengunakan uang sejumlah Rp 15.000.- per jiwa. Total Zakat Fitra yang terkumpul, selanjutnya di alokasikan dengan pembagian sebagai berikut:

  1. 82,5 % diperuntukkan atau dikelola oleh Pengurus DKM Al Hikmah, dengan pembagian sesuai yang disyaratkan oleh Syariat agama.
  2. 17,5 % diperuntukkan atau dikelola oleh Pengurus Keagamaan tingkat Desa Parungponteng, yang selanjutnya dibagi lagi untuk tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Alhamdulillah, masyarakat Mekarsari Parungponteng sangat antusias menyambut dan melaksanakan kewajiban tersebut tanpa ada yang terlewat. Ketaatan menjalankan syariat memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan sendi-sendi kehidupan masyarakat Parungponteng. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s