PEDULI DAN BERBAGI DI YAYASAN TAMAN HARAPAN KOTA TASIKMALAYA


Tempatnya  tepat di Jalan Taman Harapan II, di tengah Kota Tasikmalaya. Sejenak kami tertegun bercampur kagum setelah masuk dan berkeliling disepanjang kamar dan barak Panti Asuhan Yayasan Harapan  yang membuka harapan dari para penghuninya. Khususnya bagi anak-anak asuh yang menjadi keluarga besar yayasan tersebut. Kehidupan mereka sangatlah bersahaya termasuk para pengasuhnya dan juga mungkin pengurus yayasan ini.

Bangunan permanen yang ditempati cukup lumayan dan asri, dikelilingi oleh pepohon dan taman bunga yang tertata indah dan rapi. Cukup memberikan oksigen dan suasana yang sejuk bagi yang berada di lokasi yayasan ini. Menurut salah seorang pengasuh (Bp. Ma’mun) di Panti ini, Panti Asuhan Yayasan Harapan didirikan pada sekitar tahun 1950 dan telah mengalami perpindahan tempat sebanyak 2 kali tetapi masih di Kota Tasikmalaya. Sekarang ini jumlah Anak Asuh yang dibina sekitar 50 orang dengan Pengasuh sebanyak 6 orang.

Dari papan Donatur terlihat, donator tetap untuk yayasan ini termasuk banyak, mereka terdiri  atas donator dari instansi pemerintah dan swasta juga berasal dari donator perorangan  yang semuanya merupakan pendukung dana yang tentunya sangat berperan penting dalam rangka kelangsungan kegiatan Yayasan ini.

Alhamdulillah, hari ini Ahad tanggal 3 Oktober 2010 bekerjasama atau berkolaborasi dengan Tasik Creative Communities Forum (TCCF),  khususnya Barudak PF Tasik (Special thanks!) dengan Insepar Foundation Tasikmalaya diselenggarakan kegiatan: 1. Konsultasi/Pengobatan 2. Donasi/pemberian Bingkisan, dan  3. Silaturrahim   terhadap Pengurus, Pengasuh, dan Anak-anak asuh di Panti Asuhan Yayasan Harapan.  Kegitan ini tentunya juga banyak memberikan “Pencerahan” kepada Pengurus Insepar Foundation dan para Kawula Muda PF Tasik (TCCFP), bahwa kepedulian dan kegiatan berbagi dengan sesama merupakan salah satu wahana penting untuk mengeksistensikan hakekat kemanusian yang Allah SWT anugerahkan kepada kita semua. Semangat dan antusias para peserta untuk merasakan  selanjutnya peduli dan berbagi sejenak menyatu menjadi kebahagian berarti   yang meniadakan dinding pemisah dari berbagai latar belakang dalam satu kegiatan mulia tersebut.

Dan yang lebih penting lagi bahwa silaturahim atau persaudaraan yang baik mengantarkan kita untuk berbuat yang baik pula. Ingat salah satu pesan Ibunda Khan dalam film Myname is Khan? “ Orang baik melakukan hal-hal yang baik” dan melakukannya dengan cara yang baik pula (Insepar Foundation). Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s