Kita Seharusnya Sudah Sangat Siap menghadapi Bencana!


Assalamu ‘Alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah, sholawat kepada Rasulullah Muhammad SAW beserta keluarganya yang suci.

Alhamdulillah, kami ditakdirkan Allah SWT, untuk menghuni sebuah negeri yang sangat elok, sangat kaya dari berbagai aspek. Hamparan Jamrud Khatulistiwa, dimana semua telah tersedia. Kita butuh apa? Makanan, minuman, emas, perak, SDM yang berjumlah ratusan juta jiwa, tanah yang luas, hamparan hutan produksi dan hutan lindung, sepertinya kita akan kehabisan energi untuk menggambarkan semua anugrah yang tersedia di negara kita:Indonesia.

Beberapa tahun ini, bahkan sampai beberapa hari ini, kami Bangsa Indonesia, untuk sekian kalinya mendapatkan ujian yang sangat berat. Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya yang amat besar dengan memperlihatkan salah satu tanda-tanda ke-Maha Besaran-Nya dengan terjadinya bencana alam yang dahsyat di negara Indonesia.

Seharusnya dengan rangkaian kejadian tersebut, Bangsa kita harus sudah siap untuk menerima  atau menghadapi kondisi darurat yang banyak menimbulkan korban manusia dan kerugian fisik, dan tentu kerugian lainnya yang tidak nampak secara nyata! Tetapi apa yang terjadi?

Di berbagai berita nasional baik melalui TV atau Koran selalu saja diberitakan bahwa kita  sepertinya belum siap untuk menghadapi berbagai ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di negeri ini.

Di tingkat pemerintah, dalam berita di sampaikan bahwa kita mengalami kendala untuk secara cepat mendeteksi akan terjadinya bencana tersebut. Pemerintah masih banyak mengalami kendala dalam hal distribusi bantuan kemanusiaan termasuk makanan dan obat-obatan. Beberapa keadaan, pemerintah kita harus menyewa pesawat atau  alat transportasi lainnya, itupun nanti setelah beberapa hari barulah diputuskan.

Di tingkat masyarakat kita, belum semua masyarakat baik secara organisasi atau perorangan mendapatkan pengetahuan praktis tentang cara-cara menghadapi situasi ancaman bencana. Lebih banyak lagi di antara kita belum siap untuk menghadapi bencana tersebut jika secara real sudah terjadi.

Sudah saatnya, dimunculkan kesadaran nasional untuk peduli dan berbagi dalam rangka menghadapi ancaman bencana dan kemampuan untuk secara mandiri baik perorangan ataupun secara kolektif untuk menggiatkan kegiatan yang memupuk kemampuan setiap warga dalam menghadapi kemungkinan terburuk akibat bencana tersebut.

Wassalamu Alaikum Wr.Wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s