MANUSIA TERTUA DI INDONESIA MENINGGAL


Pada hari ini, tepatnya tgl 3 Nopember 2010 sekitar jam 22.00 WIB, Aki ENDUN Sang manusia tertua di Indonesia telah berpulang ke Rahmatullah dengan umur 120 tahun. Aki Endun dilahirkan oleh seorang ibu yang bernama Nini’ Encung yang juga meningggal  20 tahun yang lalu pada usia sekitar 120 tahun.

Aki Kundang, salah seorang menantu Aki Endun yang sekarang ini berusia 70 tahun, terlihat sangat bugar. Aki Kundang masih mampu untuk bekerja keras seperti menjadi laden mengaduk campuran semen bahan bangunan. Menurut Aki Kundang, Mengapa usia beberapa orang di Parungponteng  sangat panjang? Memang merupakan takdir Ilahi bahwa umur manusia merupakan rahasia Allah SWT. Namun demikian Fenomena ini menjadi  sangat menarik karena salah satu keberhasilan pemerintah dan masyarakat dalam rangka pembangunan manusia  Indonesia seutuhnya adalah peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang salah satu poin pentingnya adalah Usia Harapan Hidup (UHH).

Sekarang ini di Parungponteng  masih ada beberapa orang yang hidup dengan umur yang sangat panjang seperti Nini’ Saripah yang berumur sekitar 95 tahun. Beberapa orang lagi masih mampu melakukan aktivitas sehari-hari untuk memenuhi kebutuhannya tanpa banyak tergantung pada keluarga seperti Ma’ Encu yang berusia sekitar 85 tahun.

Ada beberapa kebiasan hidup yang dilakukan oleh orang-orang tertua di Parungponteng  dalam menjaga kesehatan dan eksistensinya yang menarik untuk dikaji. Kebiasaan-kebiasaan tersebut menjadi penting dan merupakan bahan dasar dalam pengkajian perilaku masyarakat khususnya dalam epidemiologi kesehatan.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti:

  1. Mengurangi komsumsi daging (di sebutnya hewan berdarah)
  2. Memperbanyak makan ikan balong local (Ikan bebas bahan kimia)
  3. Memperbanyak makan lalapan (Khususnya yang organik)
  4. Banyak minum air putih.
  5. Menghindari merokok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s