“Seminar Nasional, Assyura dalam perspektif Tarikh dan Hadist “:Pengantar Peserta: Insya Allah saya juga peserta Seminar.


Kalau dalam sebuah acara Anda duduk paling belakang, sebaik apa yang Anda tangkap atau pahami terhadap topik atau bahasan yang di paparkan? Bagaimana pula kalau Anda datang terlambat walaupun Anda diberi tempat yang sangat dekat dengan pembicara atau pemateri?  Kita sering mendengar pertanyaan, berapa persen yang kita bisa serap dalam arti lengkap dari setiap pembicaraan yang kita simak. Maksud saya lengkap sehingga topik atau bahasan tersebut dapat kita interpretasi sebaik yang pembicara maksudkan!

Bagaimana dengan sejarah  Islam atau sejarah mahzab yang kita baca atau yakini sekarang ini? Karena kita bukan saja tidak terlibat sebagai pelaku sejarah. Bahkan hadir diujung waktunyapun kita tak tergores. Kita hidup sangat jauh dari waktu terjadinya sejarah yang dibahas. Melewati ribuan tahun, belasan ribu mil, ratusan periwayat, ribuan penulis sejarah. Masihkah kita percaya???

Ini bukan retorika, karena sebaiknya  kita selalu serius menghadapi apa yang akan mempengaruhi nasib kita di dunia dan Insya Allah di hadapan Allah SWT, kelak!! Masihkah ada yang lebih penting dari sekadar mencari dan menikmati seluas pangkal tenggorokan kita?

Kalau sekarang ini, setelah Indonesia merdeka, seseorang menulis sejarah tentang penjajahan Belanda. Apa hasil penelitiannya kita dhaifkan? Semua penulis sejarah besar dilahirkan setelah peristiwa yang ditulisnya lama berlalu (KH Jalaluddin Rakhmat).

Maka sebaiknya Anda  dengan berbagai  cara atau  usaha untuk mengikuti acara “Seminar Nasional, Assyura dalam perspektif Tarikh dan Hadist “. Berikhtiarlah untuk mendapatkan hasilnya, karena akan memberikan inspirasi, dan jika Anda analisa lebih tajam, Anda akan mendapatkan interpretasi yang akan menggugah kita untuk mendiseminasikannya kepada kerabat atau orang-orang yang kita cintai. Tentu karena kita ingin bersama –sama dengan orang-orang yang kita cintai dengan umat Islam ini berdiri dihadapan Rasulullah Muhammad SAAW, Ahli Baitnya, para Imam dan para sahabatnya yang istiqomah, dengan Rahmat dan Rahim-Nya,  dengan Ilmu-Nya tentang yang gaib dan menguasai segenap makhluk, Allah SWT.  Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s