PANTAI CIPATUJAH: riwayatmu kini


Hari sabtu ini, tgl 23 Januari 2011, kami berangkat menuju Pantai Cipatujah. Perjalanan kali ini juga memberikan nuangsa lain, karena kami menyempatkan singgah beberapa kali bertemu dan berdiskusi dengan para sahabat di Puskesmas Karangnunggal Tasikmalaya. Pak dr Omay Kalyubi, banyak memberikan gambaran tentang pelayanan di daerahnya dan beberapa rekomendasi  untuk inovasi kegiatan pelayanan primer di daerah. Pusekamas karangnunggal berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Tasikmalaya, dengan jumlah wilayah kerja sebanyak 19 desa. Kepala Puskesmas Karangnunggal, Pak Dayat, SKM, memberikan tanggapan yang baik dan sekaligus apresiasi atas angjangsana yang di ramu dalam bentuk kegiatan rekreasi di daerah Pantai Cipatujah. Kami juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan owner Radio Sukapura FM-www.sukapurafm.com- Bapak Ending,SH. Beliau bercerita tentang peluang dan tantangan berbisnis radio FM yang semakin berat. Kami juga bertukar pikiran mengenai beberapa kesempatan atau peluang untuk kegiatan social di daerah Karangnunggal Tasikmalaya.

Perjalan hingga Pantai Cipatujah kami tempuh sekitar 2 jam. Kualitas jalan menuju daerah ini cukup baik. Program rekonstruksi pasca bencana telah mengembalikan dan mejadikan kawasan Pantai Cipatujah sudah lebih maju dari sebelumnya. Memang, Daerah ini mendadak terkenal pada tahun 2007 pada saat bibir dan daerah sekitar pantainya di sapu oleh gelombang ganas Tsunami. Tsunami yang terjadi didaerah ini bersamaan dengan yang melanda Pantai Pangandaran Kab. Ciamis Jawa Barat yang banyak menelan korban jiwa dan kerugian secara fisik.

Kawasan wisata pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya terkenal dengan kawasan pantai Cipatujah. Pada akhir tahun biasanya diadakan Hajat Lembur (Pesta Nelayan).Selain obyek dan daya tarik wisata Cipatujah terdapat pula obyek dan daya tarik wisata lainnya seperti taman Lengsar Pantai Sindangkerta, konservasi penyu, Pantai Pamay dengan perkampungan nelayannya, Taman Bubujung Indah, Pantai Ciheras dan Pantai Karangtawulan.

Keberadaab pantai selatan Tasikmalaya yang terkenal dengan pantai Cipatujah merupakan salah satu obyek wisata alam dengan daya tarik utama berupa wisata bahari. Pengelolaan obyek wisata pantai selatan di bawah kendali Kantor Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya.Obyek wisata pantai Selatan Cipatujah meliputi area kurang lebih 115 hektar, terletak kurang lebih 91 Km dari pusat kota Tasikmalaya.

Kawasan pantai selatan  Tasikmalaya memiliki potensi wisata yang tersebar di sepanjang pantai Cipatujah sampai Cikalong, antara lain Pantai Sindangkerta dan Pamayangsari. Sangat disadari bahwa pengembangan obyek wisata Pantai Cipatujah sampai sekarang belum dilaksanakan secara optimal. Masih banyak potensi wisata alam dan budaya belum dimaksimalkan penggarapannya. Obyek wisata pantai selatan Tasikmalaya secara geografis tidak terlalu jauh dengan obyek sejenis yang sudah lebih dahulu berkembang, yaitu objek wisata Pantai Pangandaran di Kab.Ciamis. Karena itu, seiring perkembangan obyek wisata Pangandaran, dalam jangka panjang pantai selatan Tasikmalaya akan menjadi tujuan wisata andalan  atau paling tidak menjadi alternative utama untuk  wisatawan local dan mancanegara. Tinggal, bagaimana masyarakat, tokoh, intelektual, pemerhati wisata dan budaya, pemerintah daerah, dan para investor dari berbagai sector untuk secara bersama-sama mengembangkan daerah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s