Tsunami Dahsyat Di Jepang, PMI Siagakan Ratusan Personil


Bencana tsunami yang dahsyat baru saja melanda Jepang, Jumat siang (11/3/2011). Sebagai langkah kesiapsiagaan efek tsunami di Jepang, PMI telah siagakan ratusan personil untuk sistem peringatan dini, terutama di wilayah Papua Barat, Papua, Maluku Utara, Maluku, dan Sulawesi Utara.

Berdasarkan data yang tercatat di Posko Markas Pusat PMI dilaporkan, bencana tsunami terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat siang tadi (11/3/2011). Berita berbagai media melansir, setelah gempa dengan kekuatan 8,8 SR  terjadi di 400 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 20 mil, kemudian tsunami dengan ketinggian sekitar 10 meter menghancurkan wilayah Myagi, Jepang.

“Efek tsunami di Jepang  diperkirakan akan sampai ke beberapa negara yang berada di wilayah timur Jepang, termasuk Indonesia, New Zealand, Papua Nugini, Filipina, dan Taiwan. Kami langsung koordinasi, dan kini telah menyiagakan ratusan personil PMI, terutama di wilayah Papua Barat, Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara,” ucap Ketua Pengurus Markas Pusat PMI Bidang Penanggulangan Bencana, Sumarsono, Jumat (11/3/2011).

Saat terjadinya bencana tsunami Jepang, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla sedang berada di Tokyo dengan agenda kegiatan konferensi perdamaian. Hingga berita ini diturunkan, Jumat (11/3/2011) pukul 15.45 WIB, kabar terkini baru saja disampaikan oleh salah satu tim ajudannya, Yadi Jentak melalui layanan pesan singkat, “Alhamdulillah Pak Jusuf Kalla beserta rombongan saat ini dalam kondisi selamat. Namun tadi kami sempat merasakan guncangan gempa yang sangat besar selama beberapa menit di Roppongi. Kini kami sudah dievakuasi ke lokasi yang aman.”

Ia menambahkan, saat ini Jusuf Kalla bersama Dubes RI untuk Jepang M. Lutfi mengunjungi KBRI guna memantau kondisi WNI yang ada di Tokyo dan beberapa wilayah lain di Jepang. KBRI sedang membuat Crisis Center dan memonitor perkembangan terkini.

Kondisi terkini dari beberapa media mengabarkan, banjir masih  menggenangi beberapa wilayah. Belum diketahui berapa korban jiwa yang jatuh akibat bencana ini.*

 

(Foto Ilustrasi Tsunami dari Google Image )

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Exkuwin Suharyanto, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Hp. 08129658624.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s