Afghanistan Bergolak Kecam Pelecehan Al-Qur’an


Ribuan warga Afghanistan hari ini menggelar demonstrasi besar-besaran di Kandahar untuk mengecam pelecehan yang dilakukan pendeta Amerika terhadap kitab suci al-Qur’an. Press TV melaporkan, para pengunjuk rasa dalam aksinya meneriakkan slogan-slogan anti Amerika dan mengutuk tindakan pelecehn tersebut.Ratusan tentara asing yang ditempatkan di dekat wilayah perkantoran negara berusaha mencegah masuknya para demonstran ke kantor pemerintah lokal Kandahar. Berbagai laporan menyebutkan terjadi bentrokan yang menewaskan dua orang.

Demonstrasi serupa juga berlangsung di Herat dan Kabul. Para demonstran yang berkumpul di depan kantor-kantor perwakilan PBB menyatakan penentangan mereka terhadap keberadaan pasukan asing di Afghanistan.

Jum‘at kemarin para pengunjuk rasa yang menggelar pawai mengecam pelecehan terhadap al-Qur’an di kota Mazar-e Sharif menyerang markas perwakilan PBB (UNAMA). Serangan itu menewaskan sejumlah pegawai PBB. Alain Le Roy Kepala Perwakilan PBB di Afghanistan mengatakan, tujuh orang petugas PBB tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam insiden yang juga menewaskan lima pengunjuk rasa itu.

Sementara itu, Kepala Polisi wilayah utara Afghanistan Mohammad Daud Daud melaporkan penangkapan 25 orang yang terlibat dalam penyerangan ke kantor perwakilan PBB. Menurutnya, ada sekelompok oknum yang menyusup ke tengah para demonstran untuk memprovokasi mereka menyerang kantor PBB. “tak lama lagi oknum-oknum provokator itu akan diungkap, diadili dan dihukum,” katanya.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menanggapi insiden Mazar-e Sharif mengatakan, unjuk rasa adalah hak warga Muslim Afghanistan karena pelecehan kitab suci al-Qur’an tapi pembunuhan terhadap para petugas PBB adalah tindakan yang tidak manusiawi dan bertentangan dengan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

Karzai memerintahkan aparat keamanan untuk meningkatkan pengamanan bagi para petugas lembaga-lembaga internasional. (IRIB/AHF)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s