Para Dokter Yaman Ubah Masjid Jadi Rumah Sakit Darurat


Para dokter Yaman dan mahasiswa mengubah sebuah masjid di ibukota menjadi rumah sakit darurat untuk merawat korban akibat aksi brutal aparat pemerintah.Para mahasiswa fakultas medis dari Universitas Sanaa, bergabung dengan para dokter dalam membantu mengubah masjid menjadi rumah sakit darurat dengan dilengkapi 35 tempat tidur, dan peralatan medis. Puluhan perawat juga ikut berpartisipasi. Demikian dilaporkan Reuters.

Para relawan segera merawat pasien yang terkena tembakan peluru dan gas air mata.

Seorang dokter bernama Iman al-Awisi mengatakan, “Kami menerima banyak kasus, di sini.”

Sejak akhir Januari, para demonstran menyerukan pemberantasan korupsi yang meluas dan pengangguran di Yaman, serta menuntut pengunduran diri Presiden Ali Abdullah Saleh yang telah berkuasa secara despotik selama 32 tahun.

Sekitar 40 persen rakyat Yaman hidup dengan penghasilan kurang dari dua dolar per hari, dan sepertiga warga negara ini menghadapi kelangkaan pangan.

Ratusan ribu orang berdemonstrasi secara rutin di seluruh penjuru negeri, khususnya di ibukota serta di kota Aden dan Taiz.

Para demonstran tidak hanya menghadapi polisi anti huru hara melainkan juga para pendukung Presiden Saleh yang membawa pisau dan pentungan.

Presiden Saleh sendiri menyatakan tidak akan meletakkan jabatannya hingga tahun 2013 dan bersumpah akan mempertahankan kekuasaannya “hingga tetes darah terakhir.”

Berdasarkan laporan lokal, sedikitnya 300 orang tewas dan banyak lainnya cedera sejak perlawanan anti-rezim Saleh dimulai awal tahun lalu.(IRIB/MZ)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s