Indonesia In Action!!


Indonesia, booming pada media sosial. Ia memiliki populasi terbesar kedua di Facebook dan juga skor kedua pada jumlah tweets di Asia. Hivos Minggu ini dan MIoIR menyajikan penelitian ke dalam organisasi cara masyarakat sipil dan kelompok terlibat dalam aktivisme sipil dengan cara menggunakan media Internet dan sosial di Indonesia.

 

Indonesian artists RuanGrupa about social media (via Flickr)

Menjadi jelas bahwa kemunculan teknologi informasi, khususnya Internet, telah memberikan dorongan baru untuk lahir, atau lebih tepatnya penciptaan kembali, masyarakat sipil. Penelitian ini menunjukkan bagaimana berbagai hubungan kewarganegaraan berdampak dan membentuk (yaitu konstruksi dan strukturasi) dari masyarakat sipil di Indonesia, dan yang lebih penting, perubahan sosial. Kegiatan  tersebut diperuntukkan  keseluruhannya tentang penggunaan media sosial dan organisasi masyarakat sipil di Indonesia pada khususnya dan global pada umumnya.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Yanuar Nugroho. Laporan diluncurkan di Manchester pada tanggal 4 April 2011. Ini adalah kolaborasi antara Hivos Kantor Regional Asia Tenggara, Manchester Institut Inovasi Penelitian dan University of Manchester.
Seiring dengan penyajian laporan dilakukanpemutaran film dokumenter tentang topik yang sama dan diumumkan.Film “linimas (s) a” (timeliners) juga didanai oleh Hivos dan baru saja selesai pada awal Maret 2011. Ini adalah dokumenter pertama pada media sosial dan gerakan sosial di Indonesia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s