Dasar & Aplikasi Komunikasi Dokter-Pasien


PREFACE
WITHOUT COMUNICATION SKILLS (knowledge, skills,
problem solving) GET NOTHING


Dasar filosofi: Dokter  mendampingi pasien, memberdayakan dlm
memilih alternatif  terapi, seperti pada suatu konseling.

Fakta- fakta yg Menjadi Bukti Dasar
Tidak semua dokter adalah komunikator yg baik, dan para komunikator yg buruk itu terus mengulang kebiasaan yg salah sampai akhir masa bakti
mereka Dokter menginterupsi pasien dlm 18 detik
Konsultasi yg disease-centered dgn cepat Doktercentered.
Seharusnya: Patient-centered
Komunikasi yg baik akan:
 Mempertinggi kepuasan pasien dlm konsultasi
 Mempertinggi ketaatan pasien menyelesaikan T/
 Mengurangi kasus penuntutan malapraktek

“Remember that learning to communicate well does not stop at
the end of the undergraduate course.
We all need to develop and honeour communication skills with
patients, relatives and colleaguesthroughout our professional lives”
( Lloyd M & Bor R )

Tujuan Komunikasi Medik: Tujuan utama wawancara Dokter-Pasien adalah
meningkatkan kesehatan pasien. Tercapai bila komunikasinya efektif, krn akurat, efisien, dan suportif. Pembinaan hubungan mengarah kpd pen-capaian kolaborasi atas dasar kesetaraan. Dokter mengumpulkan informasi utk mengetahui penyakitnya apa (disease), bgmn pasien
menyikapi sakitnya (illness),  tawarkan informasi ttg alternatif terapi Langkah pertama:   membina hubungan dgn pasien dan mengumpulkan informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s