Zawahiri, Pemimpin Baru Al Qaeda


Ayman al-Zawahri telah dinobatkan sebagai pemimpin baru Al Qaeda, hampir enam minggu setelah pengumuman kematian Osama bin Laden.”Syaikh Dr. Ayman Zawahri telah mengambil tanggung jawab sebagai pemimpin kelompok Al Qaeda,” situs Ansar al-Mujahidin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (16/6).

Kelompok teroris ini juga mengumumkan akan melanjutkan perang melawan Amerika Serikat dan rezim Zionis Israel di bawah arahan Zawahiri.

Zawahiri, yang diperkirkan kini berusia sekitar 60 tahun, bertahun-tahun menjadi wakil Osama dan sudah lama diperkirakan oleh banyak pihak untuk menggantikan di kursi pimpinan Al Qaeda.

Pada tahun 2000, Zawahiri menggabungkan Organisasi Jihad Islam Mesir dengan Al Qaeda dan ia menjadi orang kedua di jaringan teroris tersebut. Pasca peristiwa 11 September, Zawahiri hidup secara sembunyi-sembunyi dan berkali-kali merilis videonya untuk menyerukan perang terhadap negara-negara Barat.

Keberadaan Zawahiri tidak diketahui, meskipun ia telah lama dianggap bersembunyi di sepanjang perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan. Amerika menawarkan hadiah 25 juta dolar untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapan atau keberadaannya. (IRIB/RM/PH)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s