Malam 19 Ramadhan, Masyarakat Muslim Begadang Menanti Lailatul Qadar


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masyarakat Muslim di seluruh dunia malam ini (Jumat, 19/8/2011) memulai malam Qadar atau Lailatul Qadar yang kemungkinan jatuh pada tanggal 19, 21 atau 23 bulan Ramadhan. Lailatul Qadar yang juga disinggung dalam surat Al Qadar diyakini sebagai malam perubahan besar di alam ini. Salain itu, Lailatul Qadar disebut-sebut sebagai malam diturunkannya al-Quran.

Pada malam ini, setiap muslim berusaha menggapai makrifat dan mendapatkan keridhoan dari Allah Swt. Terkait malam Lailatul Qadar, malaikat Jibril kepada Rasulullah Saw berkata; “Wahai Muhammad! Malam Lailatul Qadar adalah malam yang tidak ada seorang pendoa kecuali doanya terkabulkan dan tidak ada seorang pun yang bertobat kecuali tobatnya diterima Allah Swt.”

Pada malam lailatul qadar yang pada umumnya digelar pada tanggal 19, 21 dan 23 bulan Ramadhan, masyarakat Muslim membaca doa Jaushan Kabir yang isinya adalah seribu kalimat pujian kepada Allah Swt. Selain itu, mereka juga mengangkat Al-Quran di atas kepala sambil membaca doa bersama. Pada malam ini yang bertepatan dengan malam 19 Ramadhan, masyarakat  juga mengenang hari dipukulnya Imam Ali as di Masjid Kufah, Irak.

Tanggal 19 Ramadhan tahun 40 Hijriah, Ali bin Abi Thalib a.s., menantu, sepupu, dan orang terdekat Rasululalh Saw, ketika sedang melaksanakan shalat di Masjid Kufah, dipukul dengan pedang oleh seseorang bernama Abdurahman bin Muljam Al-Muradi. Kepala Imam Ali terluka para. Akibat pukulan tersebut, Imam Ali as gugur syahid tiga hari setelah tragedi pemukulan tersebut.

Imam Ali adalah seorang pemimpin yang sangat adil, nahkan beliau pernah berkata, “Demi Allah, biarpun aku harus dibaringkan dengan tanpa pakaian di atas duri-duri padang pasir atau diseret dengan rantai di atas tanah, semua itu lebih baik bagiku daripada aku harus menghadap Allah dan rasul-Nya dalam keadaan aku pernah menzalimi hamba-hamba-Nya.”(IRIB/AR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s