Malam 19 Ramadhan, Rahbar Menangis


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran atau Rahbar, Ayatollah Al Udzma Sayid Ali Khamenei, Jumat malam (19/8/2011) menghadiri acara yang mengenang hari dipukulnya Imam Ali as dengan pedang oleh sang durjana Abdurrahman bin Muljam.

Acara itu digelar di Huseiniyah Imam Khomeini ra yang dihadiri oleh masyarakat umum dan sejumlah pejabat penting. Pada acara itu, Rahbar hanya sebagai pendengar setia. Dalam acara itu yang juga disiarkan langsung televisi lokal, Rahbar nampak menangis dan menundukkan wajah sambil mendengarkan penyair yang melantunkan syair-syair bela sungkawa atas peristiwa yang menimpa Imam Ali as pada tanggal 19 Ramadhan.

Pada tanggal 19 Ramadhan tahun 40 hijriah, Ali bin Abi Thalib as menantu, sepupu, dan orang terdekat Rasululalh Saw, ketika melaksanakan shalat shubuh di Masjid Kufah, dipukul dengan pedang beracun oleh seseorang bernama Abdurahman bin Muljam Al-Muradi. Akibat pukulan tersebut, Imam Ali as terluka parah dan gugur syahid tiga hari setelah tragedi pemukulan tersebut.

Setelah terbaring sakit selama dua hari, Imam Ali as pada tanggal 21 Ramadhan berpulang ke rahmatullah.

Menjelang wafat, Imam Ali as kepada anak-anaknya berwasiat, “Kepada kalian dan keluargaku, serta siapa saja yang mendengar pesanku ini, aku mewasiatkan agar selalu bertakwa dan disiplin dalam setiap pekerjaan kalian. Peliharalah anak-anak yatim, berbuat baiklah kepada tetangga sebagaimana dipesankan oleh Rasulullah Sawt, bahkan beliau mengira para tetangga akan saling mewarisi. Janganlah menjauh dari Al-Quran dan jangan biarkan orang lain mendahului kalian dalam mengamalkan Al-Quran. Dirikanlah sholat dengan sebaik-baiknya karena sholat adalah tiang agama.” (IRIB/IRNA/AR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s