Dana otsus Rp 3 triliun cair rakyat papua masih miskin


Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, pemberlakukan Otsus Papua seharusnya memberi manfaat yang seimbang dengan jumlah dana sebesar itu. ”Dana otonomi khusus sudah dikucurkan yang mencapai Rp 30 triliun, tetapi masyarakat Papua tidak merasa ada peningkatan kesejahteraan. Karena, otonomi khusus tidak berjalan efektif,” ujar Marzuki dalam rapat paripurna DPR, Senin (14/11).

Menurutnya, tidak efektifnya pelaksanaan Otsus Papua menunjukkan amanat undang-undang belum dilaksanakan maksimal.  ”DPR berharap pemerintah segera melakukan langkah konkrit yang berorientasi pada kesejahteraan dan keadilan untuk menyelesaikan persoalan di Papua. DPR  juga meminta kementerian terkait memberikan stimulus sehingga pemda di Papua memberikan perhatian lebih bagi peningkatan kemakmuran daerahnya sendiri.” papar Marzuki.

Terkait konflik yang berulang terjadi di bumi cendrawasih itu, Marzuki mengatakan hal itu lebih disebabkan faktor kesejahteraan yang belum merata. ”Berbagai persoalan sosial ekonomi masyarakat di Papua hingga kini belum menemukan titik terang. Akar permasalahan konflik adalah rasa ketidakadilan dan belum meratanya kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat Papua,” ucap Marzuki.

Dicontohkannya, hingga saat ini layanan pendidikan, layanan kesehatan dan peluang kerja  masih sangat rendah di Papua. Dia pun menekankan perlunya keseriusan semua pihak, termasuk pemerintah pusat dalam mencari dan menemukan jalan keluar dari konflik yang terjadi di Papua.

”Permasalahan di Papua, harus diselesaikan dengan tindakan nyata. Karena, selama ini tidak pernah konkrit dan hanya sebatas retorika saja. Semua masalah di Papua harus ditangani serius dan harus dibarengi dengan langkah konkret dari pemerintah,” tandasnya. (ind)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s