Masa Depan Islam di Tangan Kaum Muda Islam Saat Ini


“Kemajuan umat Islam hanya dapat dicapai dengan persatuan. Oleh karenanya kaum muda Islam harus menjaga semangat persatuan itu. Masa depan Islam berada ditangan kaum mudanya saat ini. Kerjasama dan hubungan antar pemuda harus ditingkatkan, karena kaum mudalah penentu kemajuan dibidang ilmu, tekhnologi dan kebudayaan Islam di masa datang.”

 

Velayati: Masa Depan Islam di Tangan Kaum Muda Islam Saat IniMenurut Kantor Berita ABNA, Dr. Ali Akbar Velayati, kamis (26/1) dihadapan ribuan peserta Pertemuan Internasional Pemuda dan Kebangkitan Islam berkata, “Terselenggaranya konferensi internasional kebangkitan Islam ini adalah buah dari keberkahan Revolusi Islam Iran. Kami mengajak ribuan pemuda dari berbagai Negara ke Iran untuk melihat langsung dan menyerap keberkahan itu.”

Beliaupun dalam penyampaiannya menyatakan rasa optimisnya kegiatan internasional semacam itu dapat memperat hubungan antar bangsa dalam bingkai saling memahami dan menghargai khususnya antar Negara-negara yang bermayoritas berpenduduk muslim, “Hari ini, dunia lebih besar kebutuhannya terhadap hubungan baik antar bangsa, yang satu sama lain saling menghargai dan bekerja sama.” Tegasnya.
Cendekiawan yang juga menjadi pengurus pimpinan di Majma Jahani Ahlul Bait ini dalam kaitannya dengan persatuan Sunni-Syiah beliau menegaskan, “Kemajuan umat Islam hanya dapat dicapai dengan persatuan. Oleh karenanya kaum muda Islam harus menjaga semangat persatuan itu. Masa depan Islam berada ditangan kaum mudanya saat ini. Kerjasama dan hubungan antar pemuda harus ditingkatkan, karena kaum mudalah penentu kemajuan dibidang ilmu, tekhnologi dan kebudayaan Islam di masa datang.”

Velayati yang juga menjabat sebagai penasehat Rahbar dalam urusan Internasional tersebut menyebutkan bahwa konferensi yang bakal berlangsung selama dua hari dari 29-30 Januari di Teheran tersebut dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta dari 73 Negara. Termasuk Indonesia mengirimkan delegasinya sebanyak 20 orang pemuda yang merupakan aktivis pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan dan keagamaan.

Sekjen konferensi, Ali Akbar Velayati mengatakan kepada wartawan bahwa konferensi akan membahas peran pemuda dalam gelombang kebangkitan Islam, yang menyapu Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Di antara tujuan utama konferensi adalah menghidupkan kembali nilai-nilai Islam serta tujuan-tujuan luhur Islam dan al-Quran, memulihkan rasa nasionalisme, martabat Islam dan negara-negara Muslim, menciptakan sebuah peradaban Islam yang baru atas dasar agama dan rasionalitas, mewujudkan pertukaran pengalaman antara gerakan pencari kebebasan, menyajikan demokrasi Islam sebagai pengganti demokrasi Barat, dan memperkuat kepercayaan diri di kalangan umat Islam,” jelas Velayati.

Sementara itu, Para pelajar hawzah ilmiah Qom menandatangani surat dukungan terhadap kebangkitan Islam dan pemuda revolusioner di negara-negara Islam. Hawzah News (26/1) melaporkan, komunitas pelajar pendukung kebangkitan Islam dengan bekerjasama dengan sekretariat urusan internasional hawzah ilmiah dan Basij, mengungkapkan dukungan terhadap kebangkitan Islam dan pemuda revolusioner dengan memasang tiga kain dalam bahasa Persia, Inggris, dan Arab, di madrasah Feyziyah dan Daarul Shifa. Surat tersebut adalah dalam rangka mendukung revolusi Mesir, Tunisia, Bahrain, Libya, Yaman, Lebanon, dan Palestina.

Selain mendukung perjuangan para pemuda revolusioner, surat tersebut juga dalam rangka mengecam kejahatan kaum-kaum zalim.
Para pelajar hawzah Iran maupun asing berbondong-bondong menandatangani kain tersebut dan menyatakan dukungan mereka terhadap gelombang kebangkitan Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s