Potensi Adiluhung Manusia


 

Manusia merupakan makhluk yang memiliki berbagai potensi yang bisa dipergunakan untuk kebaikan maupun keburukan. Dengan demikian, manusia bisa lebih mulia dari malaikat, namun sebaliknya lebih buruk dari hewan. Terkait hal ini al-Quran menjelaskan tahapan-tahapan pertumbuhan dan kesempurnaan potensi manusia. Salah satu faktor pertumbuhan dimensi ilahiah manusia adalah keimanan kepada Allah swt.

Faktor keimanan ini menjadi tonggak bagi manusia untuk mengoptimalkan potensi dirinya, dan bergerak menuju kesempurnaan. Terkait hal ini, surat al-Baqarah ayat 186 mengungkapkan, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Di bagian lain, Allah swt meninggikan orang orang yang beriman dan berilmu. Dalam surat Mujadilah ayat 11, al-Quran menjelaskan, “…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Khajeh Nasiruddin Thusi memandang Iman bermakna yakin, baik mengenai Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, kehidupan pasca kematian dan kenabian maupun aspek suci lainnya.Keyakinan terhadap yang suci, terutama keimanan terhadap Allah swt memberikan pengaruh besar bagi mental dan spiritual manusia. Kekuatan iman menimbulkan perubahan besar dalam diri manusia. Iman menumbuhkan pengabdian dan pengorbanan dalam diri manusia.  Dengan iman pula kehidupan manusia semakin bergairah. Ketika ditimpa musibah imanlah yang memompa optimisme dalam diri manusia. Dengan kekuatan iman juga manusia bisa mencegah dirinya dari berbuat dosa. Lebih dari itu, iman menumbuhkan benih-benih ketentraman dalam diri manusia.

Dalam perjalanan kehidupan para nabi seperti Nabi Ibrahim, Musa, Isa hingga Muhammad Saw, kita menemukan jejak perjuangan mereka melawan kekufuran dengan kekuatan iman. Keimanan kokoh merekalah yang menyebabkan bisa memenangi peperangan menghadapi kezaliman. Demikian pula, berkat keimanan yang tangguhlah, Revolusi Islam di Iran menang menumbangkan rezim despotik Shah Pahlevi. Dengan keimanan pula pemerintahan Republik Islam berhasil mematahkan agresi militer rezim Saddam dalam perang pertahanan suci selama delapan tahun.

Jika keimanan menumbuhkan nilai-nilai positif bagi kehidupan manusia, maka sebaliknya tanpa iman manusia justru menjadi makhluk yang memicu kerusakan di dunia. Mereka inilah yang disebut al-Quran sebagai orang-orang kafir. Dalam surat al-Anfal ayat 55, Allah swt berfirman, “Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman.”

Menurut al-Quran, iman bukan hanya mempercayai keesaan Tuhan, tapi disertai dengan pengakuan dan ketaatan dalam tindakan. Quran menyebut orang yang tidak beriman sebagai orang kafir. Allah swt dalam surat al-Naml ayat 14 berfirman, “Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya. Maka perhatikanlah betapa kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan.”

Selain Kafir, dalam Islam orang yang hatinya tidak sejalan dengan mulutnya disebut munafik. Manusia munafik mengalami masalah dalam kesehatan pemikiran dan spiritualnya. Tipe manusia seperti inilah seringkali menjadi pemicu berbagai masalah dalam masyarakat. Sebab kehadiran orang-orang munafik menyebabkan hilangnya kepercayaan antaranggota masyarakat.

Dewasa ini masalah besar yang terjadi di dunia akibat hilangnya keimanan sejati di tengah masyarakat. Hilangnya keimanan menyebabkan semakin tersebarnya kebobrokan moral dalam masyarakat.Tanpa iman setiap orang akan melakukan apa saja yang diinginkannya. Beberapa waktu lalu, koran Washington Post melaporkan bahwa tingkat kriminalitas di Amerika Serikat dua puluh kali lipat dari negara dunia lainnya. Saking tingginya kejahatan di AS, saat ini aksi kejahatan dilakukan oleh para remaja. Baru-baru ini terjadi tragedi penembakan massal di Amerika Serikat. Kali ini seorang remaja bernama Adam Lanza (20 tahun) membantai beberapa orang di  SD Sandy Hook di Newtown, Connecticut. Pelaku sadis pembantaian ini bahkan tidak peduli ibunya sendiri juga jadi mangsa aksinya.

Dalam kasus penembakan terbaru, 30 orang tewas yang 18 hingga 20 di antaranya adalah anak-anak. Para pengamat menilai insiden ini sebagai “tragedi paling hitam” dalam sejarah Amerika Serikat. Aksi penembakan di SD Newtown, Connecticut ini menyerupai yang terjadi di sekolah Columbine, Colorado pada tahun 1991 yang menewaskan 12 pelajar.

Pertumbuhan dan kemajuan hanya bisa dicapai dengan tekad kuat dan kesadaran. Dengan demikian selama ilmu dan pengetahuan tidak ada, maka tidak akan tercapai kesempurnaan sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu ilmu dan pengetahuan mengawali tindakan dan kesadaran mengawali langkah. Gerakan yang tidak didasarkan pada ilmu dan pengetahuan hanya akan mengarah pada kegelapan.

Saking pentingnya ilmu dan pengetahuan manusia, al-Quran menyebutnya sebagai faktor penyebab keistimewaan manusia dari pada malaikat. Terkait hal ini, Imam Ali berkata, “Ilmu menyebabkan manusia hina menjadi mulia dan sebaliknya tanpa ilmu orang mulia menjadi hina.”

Perbuatan baik merupakan faktor lain pertumbuhan kepribadian manusia untuk mencapai kesempurnaan. Dalam surat al-Kahfi ayat 110, Allah swt berfirman, “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.(IRIB Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s