2 Saudara Nazaruddin lolos ke Senayan


Reporter : Fariz Fardianto | Senin, 28 April 2014 13:35
2 Saudara Nazaruddin lolos ke Senayan

M Nazaruddin. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com – Dua saudara dari mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin, yang merupakan terpidana sejumlah kasus korupsi yakni kakak kandung Nasir dan kakak sepupu Rita Zahara lolos ke Senayan atau menjadi legislator.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yang dihimpun Senin, terdapat 11 orang nama caleg untuk DPR periode 2014-2019 daerah pemilihan (dapil) provinsi setempat.

Kakak kandung Nazaruddin yakni Nasir kembali menjadi caleg untuk DPR melalui partai yang membuat kakaknya terjerat sejumlah kasus korupsi yaitu Partai Demokrat dengan nomor urut 1 pada dapil Riau 2. Dapil Riau 2 meliputi Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kuantan Singingi yang memiliki jatah sebanyak 5 kursi DPR.

Pada dapil itu, Nasir mendapatkan perolehan sebanyak 48.906 suara dari total 144.354 suara partai atau terbesar keempat di Riau.

Nasir merupakan caleg petahana anggota DPR periode 2009-20014 yang kini duduk pada komisi XI DPR dengan bidang salah satunya masalah keuangan. Akhir tahun lalu ia dikabarkan ribut dengan Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Irgan Chairul Mahfiz.

Dia juga sempat duduk di komisi III DPR yang membidangi masalah hukum, namun dipindah Fraksi Partai Demokrat setelah ketahuan menjenguk adik kandung Nazaruddin yang sedang berada ditahanan di atas pukul 23.00 Wib.

Kemudian kakak iparnya Rita Zahara yang merupakan caleg dengan nomor urut 1 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk dapil Riau 1 yang berhasil meraih suara terbanyak untuk partai besutan dan calon presiden Gerindra Probowo Subianto.

Dapil Riau 1 meliputi Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai yang memiliki jatah sebanyak 6 kursi untuk DPR. Rita sebelum menjadi caleg DPR periode 2014-2019, merupakan mantan anggota DPRD Riau periode 2009-2014 dari Partai Demokrat.

Lima orang lagi di dapil Riau 1 adalah Sutan Sukarnotomo dari Partai Demokrat, kemudian Chairul Anwar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jon Erizal dari Partai Amanat Nasional (PAN), Tabrani Maamum dari Partai Golkar, Effendi Sianipar dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Sedangkan empat orang lagi, pada dapil Riau 2 diisi oleh Idris Laena dari Partai Golkar, Lukman Edy dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nurzahedi alias Eddy Tanjung dari Partai Gerindra dan Marsiaman Siragih dari PDI Perjuangan.Budi Suyanto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s