Habibie Dapat Kontrak 125 Pesawat R80


Sabtu, 24 Mei 2014, 20:34 WIB
 
Antara Foto/Wahyu Putro
BJ Habibie menjadi pembicara dalam  HUT ke-19 Aji di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta
BJ Habibie menjadi pembicara dalam HUT ke-19 Aji di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Perusahaan manufaktur pesawat milik BJ Habibie, PT Regio Aviasi Industri (RAI) telah mengantongi pesanan 125 unit pesawat R80 dan siap memproduksinya pada 2018 setelah memperoleh sertifikat layak terbang.

“Pesanan 125 unit itu yakni 100 unit dari NAM Air, anak perusahaan Sriwijaya dan 25 unit dari Kalstar Aviation. Siap diproduksi pada 2018,” kata Dirut PT RAI Agung Nugroho di sela “Monthly Talk Show Series 2014” yang digelar Ikatan Alumni Program Habibie (Iabie) di Jakarta, Sabtu.

Saat ini, lanjut dia, masih pada tahap desain awal dan feasibility study yang pada akhir tahun 2014 ditargetkan selesai, setelah itu baru memasuki tahap pengembangan prototipenya.

Pesawat sejenis ATR dengan sekitar 80 kursi ini, menurut dia, memiliki sejumlah keunggulan, yakni lebih ekonomis, baik murah dari segi harga, biaya pemeliharaan, juga irit bahan bakar karena merupakan pesawat terbang berbaling-baling(turboprop).

“Selain itu pesawat ini juga lebih nyaman, karena dari sisi noise dan getaran rendah, sesuai standar internasional. R80 ini juga lebih aman karena sistem kontrolnya canggih, mudah dioperasikan, serta ramah lingkungan,” katanya.

Menurut dia, di tahap awal ini sudah ada 50 ahli yang mengerjakan desainnya, termasuk para ahli dari PT Dirgantara Indonesia. SDM ini akan ditingkatkan menjadi 500 hingga 1.000 orang ketika masuk dalam tahap pengembangan.

R80 merupakan pengembangan dari pesawat N-250 yang dibidani BJ Habibie, tapi dihentikan proyeknya oleh International Monetary Fund (IMF) karena krisis ekonomi 1998, namun demikian telah dimodifikasi, seperti badan yang lebih besar.

R80 juga didesain untuk digunakan pada rute pendek dengan jarak tempuh kurang dari 600 km dan mampu diakomodasi oleh bandara dengan landasan pendek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s