Jerman Juara Dunia!


jerman-juaraRio de Janeiro, LiputanIslam.com, –Sorai sorai bergemuruh di tribun suporter Jerman ketika Mario Goetze mencetak gol indah ke gawang Argentina pada menit ke-23 babak tambahan waktu. Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang sengaja datang untuk memberikan dukungan secara langsung pun bangkit dari duduknya, dan meluapkan kegembiraan dengan mengepalkan tangan. Gol itu menandai sebuah pencapaian sempurna Jerman: Juara Dunia 2014!

Di pertandingan yang berlangsung di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7/2014) dinihari WIB, kedua tim bermain alot dan saling adu serangan. Akan tetapi, seperti yang dilaporkan detik.com , kedua kesebelasan gagal mencetak gol dan harus puas dengan skor 0-0 sampai waktu normal 90 menit berakhir.

Goetze yang menggantikan Miroslav Klose pada menit 87, akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Jerman. Dia mencetak gol pada menit 112, meneruskan umpan silang dari Andre Schuerrle.

Di sisa pertandingan tim ‘Tango’ tetap tak mampu menyamakan kedudukan. Jerman pun sukses menjadi tim Eropa pertama yang menjadi juara Piala Dunia di Amerika Selatan.

Gelar juara ini juga menjadi trofi keempat yang berhasil diraih Jerman. Sebelumnya mereka juara di tahun, 1954, 1974, dan 1990.

Sementara itu, bagi Argentina, ini adalah kali kedua kalah di babak final dan harus puas dengan pencapaian juara dua. Sebelumnya, pada Piala Dunia Italia tahun 1990 , Argentina yang masih diperkuat legendanya, Diego Maradona, harus mengakui keunggulan dari lawan yang sama, Jerman, dengan skor yang juga sama 0-1.

Hasil ini juga berarti bahwa Messi dkk. masih harus puas dengan pencapaian sebagai juara dunia dua kali saja. Mereka mendapatkannya pada tahun 1978 dan 1986.

Pada pergelaran ini, kapten timnas Argentina, Lionel Messi mendapat penghargaan hiburan setelah dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen (Golden Ball). Sedangkan penghargaan sebagai penjaga gawang terbaik jatuh ke kiper Jerman Manuel Neuer. Adapun penghargaan sepatu emas (pencetak gol terbanyak) diraih oleh striker Kolombia James Rodriguez. (by)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s