Solidaritas Dari Ambon dan Papua, Untuk Palestina


Solidaritas dari Papua

Ambon, LiputanIslam.com — Aksi biadab Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza membangkitkan aksi solidaritas dari seluruh dunia. Kali ini, lebih dari lima ribu warga Kota Ambon berkumpul di kawasan Gong Perdamaian Dunia (GDP), Sabtu, 12 Juli 2014 malam untuk menyatakan solidaritas kemanusiaan terhadap warga Jalur Gaza yang menjadi korban serangan militer Israel.

Ribuan warga yang berasal dari dua komunitas agama Islam dan Kristen di Ambon ini berbaur menjadi satu dalam acara yang bertajuk “Solidaritas Maluku untuk Perdamaian di Gaza”  bersama pemerintah kota Ambon untuk mendoakan terwujudnya perdamaian di Jalur Gaza.

Acara ini dihadiri Walikota Ambon, sejumlah tokoh-tokoh agama, seniman, artis pendukung filim Cahaya dari Timur Beta Maluku dan masyarakat umum.

Ketua Sinode Gereja Protesan Maluku, Pdt Jhon Ruhulesin di hadapan ribuan warga Kota Ambon mengatakan tragedi yang menimpa warga Jalur Gaza sangat disayangkan. Sehingga, semua bangsa di dunia harus mendesak Israel menghentikan kekerasan terhadap Gaza.

Menurutnya, tragedi kekerasan di Gaza bukan merupakan masalah agama akan tetapi masalah kemanusiaan. Sehingga, setiap bangsa di dunia harus dapat segera mencegah kekerasan di Gaza agar tidak berkepanjangan.

“Saya pernah ke Palestina dan di sana itu ada sekitar 10 persen warga Kristen, mereka juga mengalami penderitaan yang sama. Kita ada di sini bukan karena solidaritas keagamaan tapi karena solidaritas kemanusiaan. Karena itu mari kita berdoa dan serukan bersama kepada bangsa-bangsa di dunia agar segera bertindak untuk menghentikan setiap bentuk kekerasan di Gaza,”pesan Jhon seperti dilansir Kompas.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengajak seluruh warga Kota Ambon mendoakan warga Gaza yang menjadi korban. Dia juga mengingatkan kepada seluruh warga agar tetap menjaga persaudaraan yang selama ini terjalin.

“Hanya dengan doa kita percaya Palestina bisa akan menikmati kedamaian sama dengan yang kita nikmati di Ambon. Oleh karena itu mari kita berdoa bersama agar terpancar perdamaian itu keseluruh pelosok dunia termasuk ke Gaza,” ajaknya.

Dalam acara itu sejumlah seniman di Kota Ambon membacakan puisi untuk perdamaian di Gaza, mereka adalah para pemeran film Cahaya dari Timur Beta Maluku seperti Glen Fredly dan Cicho Jericho.

Sementara itu dari Papua, aktivis GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) & GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia) cabang Papua juga melakukan hal serupa. Bersama-sama dengan aktivis Muslim, siap menggelar aksi solidaritas untuk Palestina.

Mereka menyatakan sikap berduka sedalam-dalam atas tragedi kemanusiaan di Palestina dan mengecam keras tindakan keji Israel kepada rakyat Palestina. Menurut Reza Fauzan, salah satu aktivis Muslim, kepada Liputan Islam menegaskan, bahwa krisis Palestina bukanlah penderitaan Muslim semata, namun juga penderitaan Nasrani, Yahudi, dan penderitaan seluruh manusia di dunia. (ba)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s