Penyebab Pegawai Kantor Sering Mengantuk Saat Kerja


246832_ilustrasi-tidur-saat-rapat-atau-kerja_663_382

Masalah ini tentu perlu mendapat perhatian serius. Lutfi Dwi Puji Astuti
Kamis, 17 Juli 2014, 13:55 WIB

VIVAlife – Apakah Anda sering merasa mengantuk dan tertidur di kantor? Jika ya, Anda bukanlah satu-satunya. Sebuah studi baru bahkan mengungkap, banyak karyawan atau pekerja kantor sering tertidur saat berada di tempat kerja.

Masalah kurang tidur memang kerap dialami oleh sejumlah karyawan di seluruh dunia. Hal ini tentu bisa memengaruhi produktivitas seseorang di suatu perusahaan.

Sebuah lembaga kesehatan berbasis di Amerika Serikat baru-baru ini melakukan studi terhadap 1.139 karyawan dari tiga perusahaan. Pemimpin penelitian, Jennifer Turgiss, menemukan bahwa 15 persen dari karyawan tertidur pada saat jam kerja setidaknya sekali seminggu.

Jika Anda sering menemukan diri Anda terkantuk-kantuk dalam sebuah rapat, mungkin kualitas tidur Anda di malam hari sangat buruk. Ada empat faktor kunci yang membuat seseorang tidak mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Antara lain rasa khawatir atau stres, aktivitas mental, ketidaknyamanan fisik, dan faktor pengganggu dari lingkungan tempat tinggal.

Seperti diberitakan Times of India, laporan lain oleh National Sleep Foundation (NSF) menyatakan, penelitian sebelumnya juga pernah mengungkap sebanyak 29 persen dari responden tertidur atau menjadi sangat mengantuk di tempat kerja, sementara 36 persen telah jatuh tertidur atau tertidur saat mengemudi.

Masalah ini tentu perlu mendapat perhatian serius. Sebab, ada banyak bahaya mengintai ketika seseorang menderita kurang tidur. Gelisah juga menjadi salah satu akibat dari kurang tidur. Tak hanya itu, produktivitas seseorang di tempat kerja juga akan semakin merosot.

Bahkan seseorang yang menderita masalah kurang tidur selama lima hari dapat mengurangi metabolisme energi, terutama pada wanita. Sistem kekebalan tubuh juga bisa semakin lemah, risiko terserang penyakit kardiovaskular tinggi, hingga berisiko menderita diabetes dan obesitas. Ini semua, menjadi efek samping karena tidak mendapatkan cukup tidur yang berkualitas.

Turgiss juga menemukan bahwa rasa lelah mengurangi kemampuan seseorang untuk mengelola situasi stres. Hal ini menyebabkan berbagai masalah di tempat kerja, menurunkan kemampuan pengambilan keputusan, kurang konsentrasi, penurunan fungsi kognitif, lekas marah dan kurang sabar dengan rekan-rekan kerja dalam mengatasi masalah kerja.

Apa yang harus dilakukan?

Berolahraga secara teratur dan berjalan-jalan menghirup udara segara bisa menjadi salah satu solusi mengatasi masalah ini. Bisa juga, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak setiap beberapa jam. Selama istirahat ini, berjalan-jalanlah di sekitar gedung kantor untuk menyegarkan pikiran Anda.

Jangan lupa pula, jalani diet sehat yang nantinya juga akan membantu meningkatkan energi. Ketika tidur, cobalah redupkan lampu kamar. Sertakan pula, makanan diet tinggi Omega-3. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Inggris telah menemukan bahwa orang dengan tinggi Omega-3 memiliki pola tidur yang lebih baik.

Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan agar memiliki waktu istirahat berkualitas, Anda pun perlu tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan seseorang menderita masalah kurang tidur.

Sebuah penelitian pun mengungkap alasan seseorang sulit tidur. Sebanyak 85,2 persen mengatakan suhu ruang atau tempat tidur terlalu tinggi atau terlalu rendah, kemudian 71,9 persen masalah tidur juga disebabkan oleh pasangan mereka.

Sebanyak 68,6 persen mengatakan suara yang tidak diinginkan adalah sebuah masalah, kemudian 52,8 persen menyalahkan masalah kurang tidur karena lampu terang, dan 40 persen memiliki masalah dengan kasur mereka. Selain itu 35,9 responden menyatakan tidur mereka terganggu karena anak-anak dan 10,2 persen memiliki kondisi medis yang menyebabkan tidurnya terganggu. (ms)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s