Pesawat Malaysia Jatuh, Diduga Ditembak Rudal


1405614690

Sebuah pesawat milik Malaysia Airlines dilaporkan ditembak jatuh oleh rudal di wilayah udara Ukraina Kamis (17/7).

Sebuah pesawat penumpang jatuh di wilayah timur Ukraina dan diduga adalah milik maskapai Malaysia Airlines, yang mengumumkan hilang kontak dengan salah satu pesawatnya nomor penerbangan MH17 dari penerbangan Amsterdam, Kamis (17/7).

Menurut kantor berita Rusia, Interfax, pesawat itu jatuh di perbatasan Rusia-Ukraina dan diperkirakan ada 295 orang di dalamnya, termasuk 280 penumpang dan 15 kru.

Pesawat yang naas ini adalah jenis Boeing 777, sama seperti tipe pesawat yang lebih dulu hilang sejak Maret lalu dan belum ketemu hingga sekarang.

Pesawat itu terbang di ketinggian 10.000 meter ketika “dihantam sebuah rudal yang ditembakkan dari peluncur jenis Buk”, kata Anton Gerashenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, seperti dikutip dalam live report kantor berita BBC.

VIVAnews – Puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 terlihat di desa Grabovo, Ukraina, 17 Juli 2014. Pesawat nahas berisi 280 penumpang dan 15 kru itu diduga ditembak rudal dalam perjalanannya dari Amsterdam, Belanda, menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Seluruh penumpang MH17 yang berasal dari berbagai negara dinyatakan tewas. Lihat lokasi jatuhnya pesawat dan serpihan bangkai MH17 itu di tautan video ini.

Belum jelas betul siapa yang menembak jatuh pesawat tersebut. Pemerintah Ukraina dan pemberontak pro-Rusia sama-sama membantah sebagai pelakunya.

Namun, belakangan beredar percakapan yang menunjukkan bahwa pemberontak Ukraina salah menembak pesawat. Mereka mengira MH17 yang sedang melintas itu adalah pesawat militer Ukraina.

Lokasi jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina sesungguhnya adalah rute umum yang biasa dilintasi pesawat penumpang. Namun, kini sejumlah maskapai langsung menghindari rute maut tersebut, di antaranya AirFrance asal Prancis.

Jatuhnya MH17 ini merupakan tragedi kedua bagi Malaysia Airlines dalam setahun terakhir. Sebelumnya, maskapai nasional Malaysia itu juga menjadi sorotan dunia menyusul hilangnya Boeing 777 MH370 pada Maret 2014.

Insiden itu memicu pencarian pesawat berskala besar, bahkan yang terbesar sepanjang sejarah penerbangan. Namun, hingga kini keberadaan MH370 belum juga diketahui. (one)

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:BBC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s