Monumen Ground Zero, Bom Bali I


Monumen Ground Zero dibangun untuk mengenang tragedi Bom Bali 1 dan menghormati para korbannya. Tragedi bom Bali 1 terjadi pada tahun 2002 tepatnya tanggal 12 Oktober. Peristiwa ini menyebabkan korban jiwa yang sangat banyak yaitu 202 orang meninggal yang kebanyakan turis asing yang berasal dari Australia. Peristiwa ini terjadi di Jl.Legian daerah Kuta, Bali tepatnya di Sari Club dan Paddy’s Cafe.
Jalan Legian di Kuta memang sangat terkenal akan kehidupan malamnya. Disini, sepanjang jalan menuju pantai Kuta berjejer restoran, kafe dan diskotik dengan berbagai jenis musik dan makanan yang ditawarkan. Semuanya itu memanjakan para turis asing maupun turis lokal apalagi bagi mereka yang senang akan gemerlapnya dunia malam. Jadi tak heran peristiwa Bom Bali 1 mengakibatkan korban jiwa yang banyak karena di jalan Legian ini adalah pusat dari kehidupan malam di Bali.
Monumen Ground Zero Pada Malam Hari

Sebenarnya nama asli monumen ini adalah “Monumen Panca Benua”, tapi orang lebih menyukai sebutan Ground Zero sehingga sampai sekarang nama Ground Zero yang lebih dikenal.

Siang Hari Di Ground Zero
Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah, Monumen Ground Zero terletak di pinggir jalan legian yang padat lalu lintasnya. Monumen ini terletak di ruang terbuka tanpa ditutupi bangunan lainnya sehingga pengunjung dengan mudah bisa berfoto dengan latar belakang monumen ini.

 

Daftar Nama Para Korban
Di monumen ini terdapat nama-nama dari korban Bom Bali 1 dan di samping kanan kirinya terdapat beberapa tiang bendera. Monumen ini diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2004 oleh Kepala Bupati Kabupaten Badung saat itu Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi. Sebelum diresmikan dilakukan upacara dulu oleh warga setempat untuk membersihkan dan meyucikan daerah itu dari aura negatif. (BACKPacker.blogspot)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s