CIHONJE BERDUKA (Derita Para Korban Longsor)


Senin, 28 Juli 2014 19.45 WIB
Oleh: Syarhan

CHJ C

Hari ini, Senin tgl 28 Juli 2014, Pembina dan Ketua Yayasan Insepar (Insepar Foundation), mengunjungi lokasi bencana tanah longsor yang berlokasi di Kampung Cihonje RT 004 RW 001 Desa Parungpontenteng Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

CHJ N

Dari hasil kunjungan tersebut didapatkan informasi penting sebagai dasar dalam penanggulangan dan penanganan pasca bencana tersebut. Menurut koordinator para korban, Bp. Teteng, akibat bencana longsor tersebut kerusakan yang terjadi berupa: 1 Masjid & 24 jumlah rumah yang rusak berat, serta 6 rumah lagi tersisa yang terancam. Sementara itu, dengan jumlah KK 35 dengan jumlah anggota keluarga 120 ( 57 laki & 63 Perempuan ) yang terdiri dari balita/anak-anak 28 org, orang dewasa, dan lansia dalam keadaan selamat (Alhamdulillah) dalam kejadian tersebut.

CHJ K

Kejadian tersebut berawal pada tanggal 9 Juli 2014 yang berupa pergeseran dan keretakan tanah di lokasi. Pemerintah dan tokoh masyarakat lansung melakukan mitigasi dan memerintahkan masyarakat untuk mengungsi ke tempat aman.  Kemudian, pada hari Kamis tanggal 24 Juli 2014 sekitar jam 02.00 dini hari (menjelang waktu sahur) terjadi longsor besar yang menimbulkan kerusakan luas di Kampung Cihonje, Desa/Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, tertimbun longsor tebing setinggi 100 meter. Longsor diduga akibat pergerakan tanah usai diguyur hujan selama seharian penuh yang melanda kawasan Tasikmalaya sejak Rabu sore kemarin.

CHJ O

Di saat ini, sementara kita dan keluarga merayakan ‘Idul Fitri 1435 H dalan suasana meriah penuh sukacita, para korban bencana yang berjumlah 120 orang tersebut hidup dalam kesempitan/keterbatasan, sebanyak 13 KK tinggal di Madarasah, sisanya tersebar/ikut sementara di rumah-rumah keluarga, dan di rumah-rumah penduduk sekitar lokasi. Sejauh ini, Pemda Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan berbagai kegiatan yang ditinjau langsung oleh Bupati (Bp. UU Ruzhanul Ulum ) dan BPBD Kabupaten Tasikmalaya.

MCK CIHONJE

Kondisi umum, para korban sangat membutuhkan makanan/minuman, fasilitas MCK, pelayanan kesehatan, dan tentu saja tempat tinggal yang layak. Bahkan, untuk kebutuhan dasar MCK, mereka menggunakan fasilitas yang ada di pinggir kolam ikan penduduk sekitar.

KLINIK PEDESAAN

Untuk mengurangi beban dan penderitaan para korban longsor Cihonje tersebut, Yayasan Insepar, melalui Klinik Insepar dan Karangnunggal Medical Clinic (KMC), juga menyiapkan/ melaksanakan pelayanan konsultasi/pengobatan gratis Rawat Jalan dan Rawat Inap Tingkat Pertama. Pelayanan gratis tersebut di tujukan kepada seluruh anggota keluarga korban dengan menggunakan Kartu Berobat Khusus, yang berlaku selama para korban berada di tempat pengungsian/tinggal sementara.

Bagi Bapak/Ibu para dermawan, sahabat FB, twiter, Instagram, semuanya, yang ingin menyalurkan/memberikan bantuannya kepada korban longsor Cihonje Parungponteng dapat dikirimkan ke Yayasan Insepar: d.a. KLINIK INSEPAR, JL. RAYA PARUNGPONTENG. DESA/KEC. PARUNGPONTENG. KAB. TASIKMALAYA. JAWA BARAT 46165. Atau Melalui a.n. YAYASAN INSEPAR No. Rek : 131 0006879383BANK MANDIRI KCP MUSTOFA TASIKMALAYA.
Selamat ‘Idul Fitri 1435 H, mohon maaf lahir & bathin, Insya Allah, kita semua kembali fitri dan semakin menunjukkan kepedulian dan semangat/aksi berbagi terhadap sesama, khususnya kepada mereka yang tertimpa bencana yang hidup dalam penderitaan. Amin…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s