Cinta Suamiku Bukan Hanya Untukku


cinta-suami

MuslimahZone.com – Seringkali kita saksikan dalam sebuah pernikahan ada ketidakharmonisan hubungan antara istri dengan ibu mertuanya. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab adalah karena masing-masing dari para perempuan ini belum bisa menempatkan diri pada posisi yang tepat serta memahami hakikat hubungan di antara mereka. Sebuah nasehat dari Serambi Islami tentu dapat kita renungkan dalam upaya menghadirkan kehidupan rumah tangga bahagia seperti yang kita harapkan.

Seorang perempuan yang telah menikah harus menyadari bahwa suaminya bukan hanya miliknya sendiri. Seorang suami harus membagi cintanya kepada dua wanita, yaitu cinta dia sebagai anak pada ibunya dan cinta dia sebagai suami kepada istrinya.

Dengan menjadikan kesadaran ini sebagai sandaran, maka seorang istri akan mampu menempatkan diri secara bijaksana. Di satu sisi dia akan menjadi istri yang sabar pada suaminya dan di sisi lain dia menjadi seorang menantu yang akan jauh lebih sabar kepada ibu mertua yang merupakan ibu dari suaminya.

Menjadi sebuah catatan penting bagi seorang istri ketika dia memiliki perbedaan pandangan dengan ibu mertuanya maka kewajibannya adalah mengalah dan bersabar. Kesabaran adalah salah satu tanda yang disematkan kepada perempuan-perempuan shalihah yang menjaga mitsaqan ghalizan, yaitu sebuah ikatan suci yang diatasnya diletakkan tangan para malaikat.

Dan perlu dipahami juga oleh seorang mertua, bahwa ketika anaknya memutuskan untuk menikah, maka anak laki-lakinya memiliki dua amanah besar dalam hidupnya yakni amanah dia sebagai anak kepada ibunya dan sebagai pemimpin bagi istri dan anak-anaknya.

Janganlah memperberat amanahnya dengan sikap mengatur segala urusan anak kita seperti saat ia bayi, biarkan dia membangun rumah tangganya bersama wanita pilihannya.

‪(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s