10 Rekor Manusia Terberat di Dunia


BERITAUNIK.INFO – Begitu banyak hal tak lazim di dunia yang menjadi fenomena mengesankan. Bahkan banyak dari fenomena itu yang tampak tidak masuk akal dan terkesan hanyalah rekayasa. Wajar, karena mayoritas orang menyikapi setiap kejadian aneh menggunakan logika.

Tapi bagaimana anda menilai tentang artikel di bawah ini tentang 10 Rekor Manusia Terberat di dunia? Beritaunik.info mencoba untuk menjabarkannya beserta kisah singkat kehidupan pribadi mereka masing-masing sebagaimana dikutip dari laman top10hq. Kami mulai dari wanita dengan berat 471 kilogram dan diakhiri dengan pria seberat 635 kilogram, dimana rata-rata di antara mereka berasal dari negara Paman Sam (Amerika Serikat).

10. Mayra Rosales, Amerika Serikat (Berat 471 Kg)

 Mayra Rosales pernah mengalami pengalaman buruk dalam hidupnya, dimana ia tanpa sengaja jatuh terpeleset dan menimpa anak dari adiknya. Akibatnya anak malang itu tewas tertindih Mayra. Tragedi itu begitu menjatuhkan psikologinya, apalagi di media-media, dia dijukuli “Pembunuh Setengah Ton”

Setelah kejadian itu, Mayra berkomitmen untuk berusaha keras menurunkan berat badannya. Berbagai cara ia lakukan dan Mayra pun mampu menurunkan sekira 90 Kg. Sehingga di usia 33 tahun, berat badannya yang sebelumnya 471 Kg menjadi 362 Kg. Transformasi mengesankan berkat tragedi mengerikan.

9. Robert Earl Hughes, Amerika Serikat (Berat 484 Kg – 485 Kg)

Robert Earl Hughes memiliki berat badan tak lazim sejak usia dini. Kondisi itu diyakini akibat kelainan pada kelenjar pituitarinya yang membuat berat badannya terus bertambah. Saat ditimbang, ia bahkan lebih berat dari enam orang dewasa yang memiliki berat masing-masing 92 Kg. Ukuran dadanya pun lebih dari sepuluh kaki! Wow…

Saat berwisata di Amerika, ia sempat menghibur para pengunjung karnaval dengan badan jumbonya. Saat itu ia mengakui sebagai manusia terberat di dunia. Namun sayang usianya hanya bertahan hingga 32 tahun dan meninggal karena komplikasi dari penyakit campaknya (lahir tahun 1926 dan meninggal tahun 1958). Walau meragukan, di batu nisannya tercantum prasasti manusia terberat di dunia dengan angka 472 Kg.

8. Patrick Deuel, Amerika Serikat ( Berat 485 Kg)

Patrick Deuel bukanlah orang yang tinggi, hanya 5 kaki 7 inci saat berdiri. Begitu mengagetkan jika melihat berat badannya yang hampir setengah ton. Beberapa perkiraan menyebutkan di puncaknya ia ditimbang seberat 510 Kg, walau sebagian besar laporan memiliki puncak berat 485 Kg dan dilaporkan berada di titik kematian.

Ia terus berjuang menurunkan berat badannya, termasuk melalui operasi. Walau begitu, Deuel masih merokok dan banyak mengonsumsi makanan yang salah. Maka muncul lah infeksi yang membuatnya kembali berbadan besar. Apalagi berbulan-bulan ia hanya mengurung diri di dalam rumah.

7. Michael Hebranko, Amerika Serikat (Berat 499 Kg)

Michael Hebranko mungkin menjadi orang yang paling berhasil melakukan diet. Ia telah mampu menurunkan berat badan dari 411 Kg menjadi 90 Kg atau hilang sekitar 321 Kg. Hal mengesankan itu bahkan membuatnya tercatat di Guinness Book of Records pada tahun 1990 sebagai penurun berat badan terbesar di dunia.

Tapi 12 tahun kemudian, berat badannya kembali, bahkan lebih berat dari sebelumnya. Pada tahun 1999, berat badannya mencapai puncak 499 Kg. Ia kembali berusaha menurunkannya hingga mampu turun sampai 207 Kg. Namun setahun sebelum meninggal di tahun 2013, berat badannya mencapai 249 Kg.

6. Rosalie Bradford, Amerika Serikat (Berat 544 Kg)

Rosalie Bradford tak pernah langsing. Berat badannya juga diperparah infeksi darah yang membuatnya susah tidur dalam waktu lama. Selama delapan tahun ia tak mampu bergerak hingga ia mencapai berat puncaknya 544 Kg pada Januari 1987 silam. Ia semakin tertekan dan mencoba bunuh diri dengan mengonsumsi obat tidur dengan dosis berlebihan.

Ironisnya, berat badannya lah yang menyelamatkan hidupnya karena hanya bisa tertidur beberapa hari. Temannya sempat menemukan latihan diet, meski awalnya Bradford hanya bisa terapi dengan bertepuk tangan dengan panduan video. Tapi akhirnya ia mampu mengurangi berat 416 Kg dan tercatat di Guinness Book of Records sebagai wanita penurun berat badan terbanyak. Dia meninggal November 2006 di usia 63.

5. Walter Hudson, Amerika Serikat. (Berat 544 Kg)

Walter Hudson mempunyai ukuran terbesar di dunia, yaitu 302 cm atau 9 kaki, 11 inci. Ia sempat menjadi berita utama pada September 1987 silam saat ia tergelincir dan jatuh dimana badannya terjepit di ambang pintu. Sehingga butuh delapan orang untuk membebaskannya.

Hudson meninggal karena serangan jantung tahun 1991 di usia 46. Ketika ditimbang saat itu beratnya sekitar 510 Kg, sehingga harus membuat lubang lebih besar di dinding kamar tidurnya agar tubuhnya bisa keluar kamar.

4. Carol Yager, Amerika Serikat (Berat 545 Kg)

Kisah hidup Carol Yager cukup tragis, dimana berkat persoalan makannya, ia dianiaya secara seksual oleh keluarga dekatnya. Saat kematiannya sempat diketahui berat badannya mencapai sekitar 727 Kg, meski dokter menolak berkomentar terhadap fakta itu.

Yager dirawat di rumah sakit tahun 1993 karena sistem kekebalan tubuh dan selulitis. Tapi justru penyakit itu yang membuatnya kehilangan banyak berat badan sekira 237 Kg hanya dalam tiga bulan. Ia tak sehat dan tak mampu berjalan. Apalagi setelah menderita pemborosan otot atau atrofi, ia tidak mampu meninggalkan tempat tidurnya dalam waktu lama.

3. Manuel Uribe, Meksiko (Berat 597 Kg)

Meski lahir di Meksiko, Manuel Uribe memutuskan pindah ke Amerika Serikat. Ia pernah mendapat tawaran untuk operasi penurunan berat badan. Namun ia menolaknya karena lebih memilih mencoba dan menurunkan berat badan secara alami.

Benar saja, ia berhasil melakukannya dengan menurunkan beratnya sekira 363 Kg dan kemudian turun lagi sekitar 91 Kg, tidak terlalu buruk bagi orang ekstra gemuk yang memiliki tinggi enam kaki lima inchi ini. Ia pun mendedikadikan dirinya sebagai pengajar bagi sesama warga negara Meksiko tentang nutrisi dan obesitas.

2. Khalid Bin Muhsin Shaari, Arab Saudi (Berat 608 Kg)

Khalid bin Mohsen Shaari memang belum banyak dikenal di dunia terkait kondisi tak lazimnya. Apalagi adanya intevensi yang luar biasa dari Raja Arab, Abdullah. Kondisi itu ia derita sejak kecil yang memicu berat badannya mencapai 608 Kg. Raja memerintahkan agar Khalid menjalani perawatan medis menyangkut obesitasnya.

Hingga Februari 2014, berat badannya dilaporkan telah turun sekitar setengah dari berat badan sebelumnya. Operasi penurunan berat badan itu dijalaninya dengan dengan baik, menyusul adanya perbaikan fungsi hati dan paru-parunya. Kekuatan ototnya pun membaik dan bisa layak beraktivitas.

1. Jon Brower Minnoch, Amerika Serikat (Berat 635 Kg)

 Berat badan Jon Brower Minnoch pernah ditimbang dengan 100 batu atau sebanyak sembilan hingga sepuluh orang berukuran rata-rata. Saat umurnya masih 12 tahun, berat badannya sudah hampir mencapai 136 Kg dan terus meningkat seiring bertambahnya umur hingga ia meninggal. Dilaporkan dua pertiga dari berat badannya dikarenakan kelainan retensi air kronis.

Ia memang berhasil menurunkan berat badan sekira 419 Kg setelah dirawat di rumah sakit dan merupakan penurunan berat badan terbesar yang pernah tercatat. Namun setelah itu, ia selalu menderita sakit yang sebagian besar akibat obesitasnya. Minnoch meninggal tahun 1983, dimana di batu nisannya tertulis manusia terberat di dunia, meski keabsahannya masih diragukan. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s