Sejarah Popularitas Busana Muslim Di Indonesia


Keputusan pemerintah di zaman Orde Baru yang mendorong partisipasi organisasi Islam dalam masalah sosial membuat penggunaan jilbab menjadi populer.

Sejarah Popularitas Busana Muslim Di IndonesiaIlustrasi (Matahari Mall)

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, kebutuhan akan busana muslim di Indonesia pastinya tinggi. Tingginya ketersediaan busana muslim di Indonesia bahkan sampai membuat Pasar Tanah Abang menjadi sentra busana muslim yang terbesar di dunia. Namun tahukah Anda bahwa di Indonesia busana muslim justru baru mulai populer di tahun 1980-an?

Meski sekitar 85% penduduknya muslim dan kerajaan Islam telah hadir di Indonesia sejak abad ke-13, namun pada kenyataannya banyak daerah di Indonesia yang mayoritas penduduknya tidak memeluk agama Islam. Situasi ini membuat pemerintah memutuskan tidak menjadikan Indonesia sebagai negara Islam. Hal tersebut jelas berpengaruh dalam penggunaan busana muslim di Indonesia di kehidupan sehari-hari.

Keputusan pemerintah di zaman Orde Baru yang mendorong partisipasi organisasi Islam dalam masalah sosial membuat penggunaan jilbab menjadi populer. Di era itu, presiden Soeharto melakukan pendekatan kepada para pemimpin Negara Islam dengan cara memberi bantuan dana untuk pembangunan institusi dan perkembangan organisasi Islam. Anak kepala negara, Siti Hardijanti Rukmana, yang akrab dipanggil Mbak Tutut pun mulai mengenakan jilbab dengan gaya yang menarik perhatian pada masa itu. Efeknya, banyak perempuan yang mengikuti gayanya. Bisa dikatakan, inilah awal mula gerakan mode dalam hal baju muslim.

Gerakan revolusi Islam di Iran, yang salah satunya mewajibkan perempuan di sana menggunakan jilbab kemudian membawa pengaruh besar bagi dunia. Wanita yang menggunakan busana muslim menjadi lebih percaya diri, termasuk di Indonesia. Globalisasi Islam turut didukung oleh perkembangan media audio visual massa (TV). Umat muslim menjadi lebih modern, termasuk mengikuti perkembangan tren fashion. Busana muslim mulai dibuat lebih praktis dan menarik.

Permintaan atas busana muslim di Indonesia yang cukup tinggi membuat persaingan di industri busana muslim menjadi ramai. Produsen pun harus mengadu kreativitas mereka dalam mendesain busana muslim jika ingin dagangannya laris. Imbas persaingan ini ternyata positif, Indonesia mulai dianggap sebagai kiblat dari busana muslim modern.

Kehadiran internet dan teknologi digital pun turut membantu perkembangan industri busana muslim di tanah air. Kini siapa pun bisa belanja busana muslim wanita terbaru dengan mudah, tanpa perlu keluar rumah. Anda tinggal memesan busana muslim pilihan lewat social media atau situs belanja online yang terpercaya seperti MatahariMall.com. Sebab selain pilihan produknya lengkap (tidak cuma menjual busana muslim), situs belanja online cukup rutin mengadakan promo dan sale menarik. Seperti Pesta Sale Gila-Gilaan atau PETASAN yang diselenggarakan MatahariMall.com sejak bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri misalnya. Menarik bukan? Yuk rayakan Hari Kemenangan dengan tampil menawan! Buruan belanja busana muslim sekarang juga!

(Lutfi Fauziah): http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/sejarah-popularitas-busana-muslim-di-indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s