Pengaruh Pendidikan yang Baik

 

Dalam al-Quran banyak kisah yang diceritakan mengenai para nabi dan orang-orang terdahulu. Allah Swt di beberapa tempat dalam al-Quran menyerukan agar manusia membaca kisah orang-orang terdahulu dengan teliti dan mengambil pelajaran dari apa yang menimpa mereka. Nabi Muhammad Saw juga senantiasa mengutip kisah para nabi sebelumnya.

Sekali waktu beliau berkata, “Termasuk hak anak atas kedua orang tuanya adalah mereka memilihkan nama yang baik untuknya. Mereka harus memanggil mereka dengan sebutan yang baik dan mendidik mereka dengan baik …”

Setelah itu beliau menukil kisah Nabi Isa as:

“Suatu hari Nabi Isa as melewati pekuburan dan mengetahui kalau ada seorang yang meninggal dan dikuburkan di sana tengah diazab oleh Allah Swt. Setahun berlalu, beliau kembali melewati pekuburan itu dan mengetahui bahwa mayit tersebut sudah tidak disiksa lagi. Nabi Isa as kemudian berkata, ‘Ya Allah, setahun lalu orang yang meninggal itu dan dikuburkan di sini menderita azab, tapi tahun ini ia tidak lagi diazab. Apa yang menyebabkan demikian?’

Pada waktu itu, Allah Swt mewahyukan kepada Nabi Isa as, ‘Mayit yang meninggal dan dikuburkan di sini itu termasuk orang buruk dan layak mendapat siksa dan azab kubur. Tapi kini anaknya telah besar dan melakukan perbuatan baik. Oleh karenanya, segalah keburukannya telah diampuni.” (IRIB Indonesia / Saleh Lapadi)

Sumber: “Sad Pand va Hekayat” Nabi Muhammad Saw.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s